Sukses

Batuk disertai Darah

19 Oct 2014, 20:54 WIB
Pria, 42 tahun.
Salam, dalam 4 hari ini saya batuk pilek, sudah minum obat batuk pilek, pileknya reda. tetapi dalam 1 hari terakhir ketika batuk ternyata dalam dahak saya ada merah-merahnya (darah berwarna pink) dulu saya perokok, tapi sudah berhenti sejak tahun 1992 dan belum pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya. pertanyaan saya: Apakah saya menderita TBC? Apa obatnya? Terimakasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

TBC atau tuberculosis adalah infeksi saluran pernapasan yang ditandai oleh batuk lama. Definisi batuk lama disini adalah batuk yang berlangsung selama lebih dari 2 minggu atau 14 hari. SElain batuk, TBC juga disertai keluhan lain seperti sesak napas atau nyeri dada, badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan turun, demam meriang lebih dari sebulan, berkeringat malam walau tanpa kegiatan. 

Jadi apabila keluhan batuk Anda berlangsung selama 4 hari, sepertinya kemungkinan TBC belum masuk dalam dugaan.

Mengenai darah dalam dahak, batuk yang hebat dan terus menerus dapat menimbulkan lecet atau luka dalam saluran pernapasan Anda. Jadi kemungkinan hal inilah yang terjadi pada Anda. Sebaiknya untuk sementara ini Anda teruskan obat batuk Anda, apabila darah dan batuk masih etrus terjadi, maka kami sarankan Anda menemui dokter puskesmas atau spesialis paru terdekat.

Lebih lanjut tentang batuk lama, Anda dapat membaca artikel kami di http://m.klikdokter.com/detail/read/4/150157/awas-musim-batuk-

 

Demikian jawaban kami, semoga dapat membantu. [SH]

 

Salam,

TIm Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar