Sukses

Bedah Jantung

18 Oct 2014, 15:32 WIB
Wanita, 30 tahun.
assalamualaikum dok, dua minggu terakhir ini, sy melakukan test ekg hingga rontgen bagian jantung.tenaga medis menyimpulkan sy harus menjalani pembedahan bagian jantung.jantung saya di diagnosa mengalami kelainan. apa memang harus begitu?. apakah ada cara penyembuhan lain selain operasi?. sebagai bahan rujukan, dada kiri saya sering nyeri, hingga terkadang mengalami pembengkakan, terasa sesak dan terkadang terlalu sakit untuk bergerak dan bernafas. ujunglidah mati rasa.tekanan darah 90/70 ( saat tidak kambuh) dan 70/70(saat ksmbuh)akhir-akhir frekwensi kambuh sering, 2-3 kali dalam seminggu.saya merasa pusing, terkadang mual. saat ini saya mengkonsumsi isosorbide dinitrate yang diletakkan dibawah lidah ( atas petunjuk tenaga medis).
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Waalaikumsalam,

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan yang Ibu berikan. Dari deksripsi gejala yang Ibu paparkan memang nyeri dada yang Anda alami disebabkan oleh masalah pada jantung, secara spesifik pembuluh darah koroner yang memperdarahi jantung. Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Adanya masalah pada jantung sudah dikonfirmasi dengan pemeriksaan elektrokardiografi. 

Tatalaksana untuk penyakit jantung koroner termasuk upaya revaskularisasi dengan prosedur invasif non-operatif atau dengan operasi (bypass arteri koroner). Untuk pilihan tatalaksananya, dokter Ibu yang paling tahu beratnya masalah yang Ibu alami serta perlu atau tidaknya operasi. Karena itu, kami sarankan Ibu segera berdiskusi secara mendalam dengan dokter yang merawat Ibu.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar