Sukses

Konsumsi Orlistat pada DM Tipe I

19 Oct 2014, 13:25 WIB
Wanita, 18 tahun.
dokter, saya wanita usia 18thn,bb 68, Tb 164 saya mengonsumsi obat untuk orang obesitas yaitu xenical orlistat,dan saya juga menggunakan suntik insulin untuk DM Tp1 yg saya derita.dokter berbahaya gak ya klw saya mengkonsumsi xenical?terimakasih. (saya tidak menggunakan resep dari Dokter)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Indikasi penggunaan orlistat adalah bila IMT (Indeks Massa Tubuh) > 30 atau > 28 dengan faktor risiko tertentu. Setelah menghitung IMT Anda, diperoleh angka 25,3. Jadi sebenarnya untuk Anda, penggunaan orlistat belum diperlukan. Namun berdasarkan IMT, Anda sudah termasuk obese derajat I. Apakah Anda sudah mencoba cara lain untuk mengurangi berat badan Anda? Orlistat dapat juga memberikan efek samping seperti perut kembung, sering kentut, buang air besar berminyak, bahkan pada beberapa orang dapat timbul reaksi alergi. 


Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

 

Hilangkan keinginan  untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. Apabila Anda susah melakukan diet sendiri dan kesulitan menurunkan berat badan, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi. Selain diberikan diet yang tepat, dapat juga diberikan obat untuk membantu menurunkan berat badan. Kami tidak menyarankan penggunaan obat tersebut tanpa seijin dokter.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar