Sukses

Pola Konsumsi Obat Maag

20 Oct 2014, 06:32 WIB
Pria, 34 tahun.
Terimakasih atas jawaban dokter sebelumnya tentang penyakit GERD yang saya alami. Saya ingin menanyakan tentang pola konsumsi obat. Sejak Juli 2012 lalu saya diberikan obat Lansoprazole, Domperidone, Zypraz, dan Frego oleh spesialis lambung. Saya merasa baik setelah minum obat tersebut. Ada dua kali saya diresepkan obat tersebut, saat diresep oleh dokter saya rutin minum obat sesuai dengan anjuran. Karena saya dinas di daerah terpencil, saya menyediakan lansoprazole dan domperidone di rumah. Kadang-kadang jika sakit saya kambuh saya minum lansoprazole,dan kadang-kadang saya kombinasikan dengan domperidon. kadang-kdang juga saya minum antasida yang dijual bebas dipasaran. Pola saya mengonsumsi obat setelah resep dokter adalah saya tidak rutin minum obat tersebut, saya hanya minum sekali sehari itupun saat penyakit saya kambuh saja. perkiraan saya sudah banyak obat-obat tersebut saya konsumsi, tetapi interfal waktunya tidak dalam waktu berdekatan. kadang-kadang lebih sebulan saya minum sekali, kadang-kadang ada yang saya minum sampai seminggu. Pertanyaan saya,apakah saya dapat digolongkan mengonsumsi obat dalam jangka panjang, karena saya baca dibrosur obat, obat-obat tersebut tidak boleh dikonsumsi lebih dari 4 minggu. dan ada juga yang tidak boleh lebih dari 8 minggu. Mohon penjelasan dokter, apakah 4 minggu yang dimaksud adalah rutin diminum, atau tidak rutin setiap hari seperti kasus saya. saya takut efek samping obat, tetapi jika tidak saya minum, penyakit saya malah menimbulkan sakit dan kegelisahan seperti takut mati, dsb.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kesulitan yang Anda alami. Keluhan sakit maag atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) memang sering kambuh, terutama bila pola makan tidak baik. Mengenai pertanyaan Anda tentang durasi konsumsi obat maag tidak boleh lebih dari 4 minggu atau 8 minggu, yang dimaksud adalah tidak boleh dikonsumsi setiap hari (terus-menerus) selama 4 minggu atau 8 minggu. Tidak menjadi masalah bila Anda konsumsi sekali-kali saat keluhan muncul. 

Di samping pengobatan, penting juga mengubah pola makan agar terhindar dari gejala sakit maag atau GERD. Kami menyarankan Anda agar makan yang teratur, jangan terlambat makan, dan mengurangi makanan yang asam dan pedas. Hindarilah minuman beralkohol, merokok, dan minum kopi. Bila sehabis makan, jangan langsung bebaring (tidur), biarkan 1-2 jam terlebih dulu, karena dapat membuat isi lambung kembali ke atas atau mulut (GERD).Dengan pola makan yang baik, Anda dapat mengurangi timbulnya keluhan dan mengurangi jumlah obat yang dikonsumsi.

Kami menyarankan Anda untuk kontrol ke dokter penyakit dalam, dan ke dokter ahli jiwa (psikiater) menyangkut kegelisahan yang Anda alami. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar