Sukses

Bentol Merah di Penis

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Pria, 20 tahun.
Dok,punten mau tanya Sekitar satu minggu ini ada yg aneh nih di alat kelamin saya, gatal-gatal dan ada seperti bentolan di bagian penis + kepala penisnya. Awalnya bentolan itu kecil dan hanya satu, tapi sekarang bentolan itu jadi ada 2 dan membesar seperti jerawat. Dan saat ereksi bentolan di kapala penis itu berwarna merah seperti darah. Saya belum pernah berhubungan seks. Kira-kira ini kenapa ya? mohon jawabannya secepatnya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,   

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kelainan pada daerah kulit sangat sulit didagnosis jika tanpa pemeriksaan langsung. Sebagai contoh, kami tidak tahu di mana lokasi persis benjolan yang Anda sebutkan? Bagaimana daerah sekitarnya? Pertanyaan-pertanyaan lain yang harus dijawab adalah:

  • Bagaimana bentuk benjolan tersebut, apakah bulat dengan tepi teratur, atau bentuk tidak beraturan?
  • Berapa ukuran benjolan tersebut (dalam satuan mm atau cm)?
  • Apakah terdapat warna kemerahan pada benjolan tersebut dan area disekitarnya?
  • Pernahkan Anda mengalami keluhan seperti ini sebelumnya?
  • Apakah benjolan tersebut berisi air/nanah?
  • Adakah keluhan lain yang Anda rasakan?  

Bintik-bintik merah pada kepala penis dapat disebabkan oleh beberapa kondisi antara lain:

  • Pearly penile papules: bintik-bintik berwarna agak putih, merah, dapat juga sewarna kulit, mengumpul pada lipatan kepala penis (corona penis). Bintik-bintik ini sifatnya jinak dan tidak berbahaya. Tidak disebabkan oleh infeksi menular seksual.

  • Pyogenic granuloma: benjolan merah pada kulit yang berisi banyak pembuluh darah, berwarna merah terang dan mudah berdarah.

 

Atau mungkin saja merupakan bentuk awal dari kanker penis, seperti Karsinoma Sel Basal. Untuk memastikan diagnosis, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat segera. 

 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar