Sukses

Kesemutan

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Pria, 27 tahun.
Halo Klik Dokter Yang terhormat, Saya biasanya merasakan kesemutan ringan ketika naik motor cukup lama, setelah itu hilang kesemutannya, kesemutan hanya pada bagian bahu kanan belakang, sehari hari pekerjaan saya duduk 6-8jam di depan komputer..... Terima Kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudara/Bapak yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Kesemutan merupakan keluhan yang pernah dialami oleh semua orang. Biasanya kesemutan terjadi saat tubuh terlalu lama diam, atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut (misal ke arah tangan atau kaki anda) menjadi terhambat dan timbul keluhan kesemutan. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Ini merupakan hal yang wajar terjadi. Keluhan tersebut akan berangsur-angsur menghilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar ke daerah tersebut.

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika keluhan kesemutan anda semakin meluas dari hari ke hari, semakin sering dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut terjadi pada diri anda, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut sehingga anda segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan sementara, antara lain adalah :

  • penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)
  • frekuensi napas cepat
  • serangan panik
  • dehidrasi (kurang cairan)
  • kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan
  • dsb

 

Untuk sementara, Anda dapat mengkonsumsi multivitamin B kompleks untuk mengurangi keluhan. Bila keluhan berlanjut dan bertambah berat, sebaiknya Anda pergi memeriksakan diri ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. [SH]


Salam,


Tim Redaksi Klikdokter 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar