Sukses

Temulawak turunkan SGOT/SGOT?

18 Oct 2014, 21:41 WIB
Wanita, 20 tahun.
dok? saya mau nanya? untuk menurunkan kadar SGPT dan SGOT itu yang alami bagaimana yah dok? apakah air rebusan temu lawak salah satunya, terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pertama-tama, kami akan sedikit menjelaskan apa yang dimaksud dengan SGOT dan SGPT. SGPT dan SGOT merupakan enzim-enzim pada hati yang akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh jika hati mengalami kerusakan baik kerusakan fungsi hati secara akut maupun kronis. 

  • SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Transaminase): merupakan  suatu enzim yang terdapat di dalam sel hati. Ketika sel hati mengalami kerusakan, akan terjadi pengeluaran enzim SGPT dari dalam sel hati ke sirkulasi darah dan akan terukur melalui pemeriksaan laboratorium.

  • SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) : seperti halnya SGPT, SGOT merupakan enzim hati yang terdapat di dalam sel parenkim hati. SGOT akan meningkat kadanya di dalam darah jika terdapat kerusakan sel hati. Namun SGOT tidak spesifik hanya terdapat di dalam hati. SGOT juga dapat ditemukan di sel darah, sel jantung dan sel otot, karena itu peningkatan SGOT tidak selalu menunjukkan adanya kelainan di sel hati.  

Hasil SGOT dan SGPT yang normal belum tentu menandakan bahwa Anda bebas dari penyakit hati. Pada kasus penyakit hati yang kronis (menahun), misal akibat hepatitis B kronik atau hepatitis C kronik, dapat ditemukan kadar enzim SGOT dan SGPT yang normal atau sedikit meningkat. Pada infeksi hati yang kronik (menahun), sel hati secara perlahan-lahan mengalami kerusakan dan hal ini tidak dapat diketahui hanya dari pemeriksaan enzim hati di dalam darah. SGOT dan SGPT merupakan enzim yang dapat ditemukan pada sel-sel hati. Karena itu jika terjadi kerusakan (nekrosis) sel-sel hati, seperti yang terjadi pada infeksi akut virus hepatitis, enzim-enzim tersebut keluar dari sel hati dan masuk ke dalam darah. Semakin banyak sel-sel hati yang rusak, semakin tinggi pula kadar SGOT/SGPT yang terukur di dalam darah.

Jadi, kadar SGOT dan SGPT akan turun bila proses kerusakan hati tidak berlangsung lagi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, pemberian temulawak memang dapat membantu menurunkan kadar SGOT/SGPT. Karena itu, minuman tradisional temulawak yang tidak mengandung bahan pengawet atau tambahan zat berbahaya apa pun boleh saja diberikan. Namun, yang terpenting adalah mengatasi penyakit dasar yang menyebabkan kerusakan hati tersebut dengan mengikuti rencana pengobatan yang diberikan oleh dokter Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu.[](PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar