Sukses

Sesak Setelah Melahirkan

20 Oct 2014, 05:01 WIB
Wanita, 32 tahun.
Saya mempunyai keluhan sesak nafas yang mengganggu. 4 bulan yang lalu saya adalah pasien PEB dengan oedema pulmo, saya sempat dilarikan ke icu pasca operasi cesar, dan dokter mengatakan paru paru saya bengkak penuh cairan.. yang saya ingin tanyakan saya kembali sesak nafas 1 bulan yang lalu, saya cek EKG dan foto thoraks kata internist EKG saya normal, kemudian saya ke dokter sp paru dan foto thorax, dari hasil Lab menyatakan oedema paru dan cardiomegali ringan, tapi kemudian ketika saya konsulkan dengan dokternya dia bilang normal, tidak apa apa. saya diberi furosemide kemudian sesak nafas hilang, tapi beberapa hari kemudian sesak nafas lagi ketika saya berhenti minum obatnya.. mohon penjelasan sebenarnya apa yang terjadi pada saya. terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Ibu. Keluhan rasa sesak memang merupakan keluhan yang mengganggu. Berdasarkan informasi yang Ibu berikan, ada kemungkinan Ibu mengalami kelainan Peripartum Cardiomyopathy yaitu suatu kelainan yang terjadi karena otot jantung menjadi lemah sehingga tidak dapat memompa jantung dengan efisien. Kelainan ini dapat terjadi dan diketahui pada bulan terakhir kehamilan sampai 5 bulan setelah melahirkan, jika tidak ditemukan kelainan lainnya. Namun untuk memastikan hal ini masih diperlukan pemeriksaan lainnya, yaitu ekokardiografi. Ekokardiografi adalah pemeriksaan jantung dengan metode USG untuk melihat kondisi jantung lebih detil.

Kami menyarankan sebaiknya Ibu mengunjungi dokter spesialis jantung dan pembuluh darah untuk pemeriksaan ekokardiografi. Ibu juga perlu membawa semua hasil pemeriksaan Ibu sebelumnya. Setelah pemeriksaan lebih lanjut, diharapkan dapat diketahui kelainan yang mendasari keluhan Ibu dan dapat segera ditangani lebih lanjut.  

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar