Sukses

menambal gigi harus datang berulang-ulang?

20 Oct 2014, 10:22 WIB
Pria, 32 tahun.
dok...gigi saya saat ini sedang dalam perawatan dengan tambal sementara karena ada lubang kecil...kata dokter gigi yang menangani saya bilang pewaratan dengan tambal sementara dilakukan antara 2-6 kali kontrol seminggu sekali baru nanti di tambal permanent.. emang seperti itu ya dok dalam penangan gigi berlubang?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak yang terhormat,
 

Terima kasih atas pertanyaan Anda,
Sebelumnya ada pertanyaan yang saya ingin ajukan, bagaimana keluhan pada gigi tersebut sebelumnya?

Mungkin ada baiknya saya jelaskan sedikit, jika terjadi lubang pada gigi  baru mendapai lapisan email (lapisan terluar gigi) atau sedikit lebih dalam dan mencapai lapisan dentin ( di bawah email) maka gigi dapat langsung ditambal seperti biasa.
Di bawah dentin, terdapat rongga pulpa yang berisi pembuluh darah dan syaraf. Jika lubang gigi sudah sangat dalam sehingga membuat rongga ini terbuka, maka gigi tidak dapat lagi ditambal biasa namun harus dilakukan tindakan yang disebut perawatan saluran akar (perawatan syaraf gigi). Perawatan ini mensterilkan saluran akar dari kuman, dan memang membutuhkan waktu perawatan yang cukup lama dan biasanya lebih dari satu kali kunjungan.

Untuk melihat dan mengetahui anatomi secara lebih lengkap silakan klik link berikut https://www.klikdokter.com/gigimulut/read/2010/09/27/228/anatomi-gigi

Apabila lubang gigi sudah mencapai dentin bagian dalam tapi masih menyisakan selapis tipis dentin, masih dapat dilakukan prosedur penambalan namun dikhawatirkan rongga pulpa sudah terekspos secara mikroskopis dan dipenetrasi kuman. Pada kondisi seperti ini, pada dasar lubang gigi diletakkan suatu medikamen untuk melindungi pulpa dan mempertahankan vitalitasnya kemudian gigi ditambal sementara. Lalu pasien dijadwalkan kontrol kira-kira sebulan kemudian, dan apabila tidak ada keluhan maka gigi dapat ditambal permanen pada kunjungan berikutnya.

Ada kalanya lubang pada gigi terlihat kecil secara kasat mata, padahal proses karies sudah terjadi secara luas. Apabila dilakukan tindakan pembersihan gigi dan membuang jaringan-jaringan gigi yang sudah lunak akibat infeksi kuman, maka baru terlihat bahwa lubang gigi sebetulnya sudah besar / dalam. Sayangnya dalam hal ini saya tidak melihat sendiri kondisi klinis Anda sehingga saya tidak dapat menilai secara pasti apa yang terjadi pada Anda. Sebaiknya Anda meminta informasi selengkap-lengkapnya dari dokter gigi Anda sebelum perawatan dimulai, karena pasien berhak mengetahui dengan jelas apa tindakan yang akan dilaluinya.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Apabila masih ada yang ingin Anda tanyakan, silakan ajukan kembali pertanyaan Anda ke redaksi Kami. [MM]

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar