Sukses

Gastritis Kronik, H. pylori, dan Gangguan Tidur

18 Oct 2014, 12:28 WIB
Wanita, 36 tahun.
Istri saya sudah didiagnosis Gastritis kronis..disamping itu juga ada gejala lain yaitu gak bisa tidur, setiap mau terlelap sebagain anggota badan terasa seperti kesemutan. Juga sudah dilakukan endoskopi dan biopsi ditemukan adanya bakteri helicobacter pylori berikut cuplikan hasil kesimpulan biopsi " Antrum:Chronic Superficial Gastritis Erosiva, hyperemica dengan infeksi helicobacter pylori" selama ini hanya dikasih obat PPI & anti depressi aja, sementara untuk bakterinya belum ditindak lanjuti. Dan sampai sekarang belum ada tanda2 sembuh, yang mau saya tanyakan: 1. Apakah helicobacter pylori ada hubungannya dengan penyakit yg dialami istri saya ? 2. Apakah asam lambung tinggi itu disebabkan oleh helicobacter pylori atau depressi ? 3. Apakah gangguan tidur/gak bisa tidur yg dialami istri saya ada hubungannya dengan gastritis tersebut? 4. Apakah harus dikasih antibiotik untuk memberantas helicobacter pylori, karena selama ini gak pernah dikasih. Setiap saya tanyakan selalu mengelak untuk mengasih antibiotik? Atas perhatiannya tak lupa saya mengucapkan terima kasih Salam Hormat Ragil Wibowo
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

1. Apakah Helicobacter pylori ada hubungannya dengan penyakit yang dialami istri saya?

Bisa. Gastritis memang memiliki beberapa penyebab diantaranya adalah infeksi bakteri H.pylori dan iritasi karena sebab lain. Namun, bakteri H. Pylori menimbulkan gambaran gastritis kronik yang nonerosif. Pada kasus istri Anda, didapatkan gambaran gastritis erosiva yang umumnya disebabkan oleh konsumsi lama obat-obatan anti-inflamasi non-steroid seperti aspirin dan ibuprofen, konsumsi alkohol, obat-obatan terlarang, stress dan radiasi. Karena itu tatalaksananya adalah menghindari pencetus-pencetus yang disebutkan di atas, termasuk kondisi stress. 

 

2. Apakah asam lambung tinggi itu disebabkan oleh Helicobacter pylori atau depresi?

Peningkatan produksi asam lambung bisa disebabkan oleh kedual hal tersebut.

 

3. Apakah gangguan tidur/tidak bisa tidur yang dialami istri saya ada hubungannya dengan gastritis tersebut?

Hubungan secara langsung tidak ada. Terdapat beberapa faktor penyebab gangguan tidur, seperti faktor predisposisi psikologis dan biologis, penggunaan obat-obatan dan alkohol, faktor lingkungan dan kebiasaan buruk. Faktor-faktor tersebut jarang berdiri sendiri. Sebagai contoh adalah faktor fisis tertentu yang dapat memicu timbulnya masalah psikologis, begitupun sebaliknya. Faktor psikologis juga dapat memengaruhi sistem saraf pusat sehingga membuat kondisi fisis senantiasa siaga seperti saat cemas, tegang, atau stres seperti yang dialami istri Anda saat ini.

Mengingat banyaknya faktor yang dapat menyebabkan gangguan tidur, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya, termasuk menggali berbagai kemungkinan adanya kondisi medis yang mendasari. Apabila ditemukan kondisi medis/penyakit yang mendasari, tentunya diperlukan terapi fisis tertentu.

 

4. Apakah harus dikasih antibiotik untuk memberantas Helicobacter pylori?

Ya. Apabila gastritis anda disebabkan oleh infeksi bakteri, maka pengobatan antibiotik harus diberikan sampai tuntas dan diikuti dengan follow-up untuk memastikan bakteri tersebut sudah mati. Selain minum obat, pola makan juga harus dijaga. Makanan yang pedas, makanan asam, kopi, kola, merokok harus dihindari, atasi stress, dan ubahlah gaya hidup menjadi lebih sehat. Pada kasus istri Anda, gastritis yang erosif tersebut mungkin dipikirkan disebabkan terutama oleh kondisi depresi yang ada. Karena itu, penanganan utamanya adalah dengan obat antidepresi. Cobalah diskusikan kembali dengan dokter istri Anda mengenai terapi yang diberikan dan pertimbangan perlu atau tidaknya diberikan antibiotika karena setiap pasien/kasus perlu penanganan yang berbeda-beda atau unik. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar