Sukses

Payudara Mengeras

19 Oct 2014, 02:08 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dear Klikdokter, Mau tanya doong .. Bagaimana caranya menormalkan kembali payudara yang keras akibat asi yang membeku? Ditunggu infonya yaa ... Terimakasih ..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhomat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Memang sumbatan saluran ASI dapat terjadi akibat pengeluaran ASI yang tidak efisien dari bagian payudara tersebut. 

Kebersihan payudara perlu diperhatikan, terutama daerah areola. Hindari penggunaan sabun berlebihan pada daerah areola yang akan membuatnya kering dan rentan infeksi. Kompres masing-masing areola dengan kapas yang dibasahi minyak, putar dan tarik puting ke arah luar dan dalam berulang kali. Pijat payudara ke daerah areola untuk membuka saluran susu. Bila keluar cairan, oleskan pada daerah areola, kemudian bersihkan payudara dengan handuk yang lembut.

Beberapa wanita dengan sumbatan saluran ASI melaporkan adanya bahan partikel pada air susu yang diperas. Pada kasus ini mungkin terdapat sumbatan sejati pada saluran ASI. Gejala hilang dengan cepat ketika materi partikel yang keras dikeluarkan, dan ASI keluar dari bagian payudara yang terkena. 

Partikel tersebut diduga terbentuk dari campuran kasein dan materi lain yang mengeras oleh garam yang mengandung kalsium. Materi yang tampak berlemak atau seperti benang, kadang berwarna coklat atau kehijauan.

Anda tidak perlu merasa khawatir karena keluarnya kotoran tersebut karena ini artinya saluran ASI anda sudah tidak tersumbat. Tetap bersihkan puting dan pijat payudara khususnya di bagian yang mengeras hingga keluhan hilang.

Sebagai catatan, bila setelah partikel penyumbat keluar dan saluran ASI tidak tersumbat lagi benjolan atau pengerasan tersebut masih ada, perlu dievaluasi kembali mengenai penyebab benjolan tersebut. Maka apabila ini terjadi, kami sarankan Anda menemui dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Demikian informasi dari kami. Semoga dapat membantu. [SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar