Sukses

Hepatitis B

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Pria, 36 tahun.
Terima Kasih atas penjelasan, terus saya ingin tanyakan kembali, untuk mengobati hepatitis B apakah ada suntikan atau apa, saya konsultasi ke dokter (dokter umum) karena ditempat saya tidak ada spesialisnya, saya diberikan obat Bio Curliv,mohon petunjuk saya bisa berobat kemana, terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Sekitar sepertiga kasus dari penderita hepatitis B dapat tidak mengalami gejala sama sekali. Sisanya, penderita hepatitis B dapat mengalami beberapa gejala seperti penyakit flu, disertai dengan badan leas dan nyeri, sakit kepala, demam, nafsu makan menurun, diare, badan terlihat kuning (ikterik), mual dan muntah.

Apakah anda saat ini memiliki gejala-gejala tertentu terkait dengan infeksi hepatitis B anda? Pengobatan pada penderita hepatitis B yang bergejala diberikan sesuai dengan gejala yang ada, untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan. Namun sebenarnya sebagian besar orang dengan hepatitis B tidak memerlukan pengobatan khusus, selain dengan beristirahat yang cukup dan secara perlahan gejala-gejala akan menghilang dengan sendirinya, namun virus tersebut dapat tetap berada di dalam tubuh.

Pada infeksi hepatitis B yang kronik (menahun), dapat diberikan obat antivirus yang disebut interveron alfa. Pengobatan ini bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya sirosis hati dan kanker hati, namun tetap tidak dapat menghilangkan virus yang terdapat di dalam tubuh. Penderita hepatitis B kronik harus mengkonsumsi obat tersebut dan kontrol secara berkala ke dokter. Meskipun dengan pengobatan tersebut virus tidak dapat dihilangkan secara total, yang penting untuk dilakukan adalah menekan replikasi (perkembangbiakan) virus serendah mungkin, sehingga peradangan hati yang terjadi dapat lebih diminalisir.

Obat antivirus interveron alfa hanya dapat diperoleh dengan resep dokter. Dokter baru akan memberikan obat tersebut sesuai dengan hasil pemeriksaan laboratorium anda. Karena itu, kami sarankan periksakanlah diri anda kepada dokter spesialis  penyakit dalam dan tunjukkanlah hasil pemeriksaan laboratorium anda. Dari hasil pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium tersebut, dokter akan menentukan pilihan obat yang terbaik untuk mengontrol hepatitis B anda.

 


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar