Sukses

Mengatur Pola Makan Agar Sesuai Kebutuhan Kalori

26 Jul 2015, 15:35 WIB
Pria, 22 tahun.

Dari hasil perhitungan kalori saya termasuk golongan kurus, saya sadari jika pada musimmnya saya mudah terkena penyakit semacam flu, batuk, dan radang tenggorokan. dari hasil perhitungan saya dianjurkan menyantap 3400 kalori/hari, dapatkah anda memberi petunujuk pola makan yang harus saya konsumsi setiap hari agar sesuai dengan kebutuhan kalori saya... tolong disesuaikan dengan kantong buruh lepas seperti saya ini. Terima kasih!

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Anda dapat memanfaatkan Kalkulator Kalori yang ada pada situs kami untuk menghitung kebutuhan kalori Anda berdasarkan berat dan tinggi badan serta aktivitas Anda: https://www.klikdokter.com/healthtools/kalori

Jumlah kalori tersebut dapat dibagi menjadi lebih kurang seperti berikut: 30% untuk makan pagi, 40-50% makan siang, dan 20-30% makan malam. Untuk mengetahui jumlah kalori dari makanan yang Anda konsumsi , Anda dapat melihat buku referensi. Terdapat buku menu yang menunjukkan jumlah makanan yang dikonsumsi setara dengan berapa kalori dari setiap makanan. 

Pada prinsipnya: 
1 gram karbohidrat (nasi, roti, ubi) ~ 4 Kalori
1 gram protein (telur, ikan, daging, kacang) ~ 4 Kalori
1 gram lemak (minyak atau lemak daging) ~ 9 Kalori

Kami menyarankan untuk makan makanan yang seimbang. Makanan yang seimbang terdiri dari makanan sumber karbohidrat, protein, lemak, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat 50-60% per hari, protein 15% sehari, dan lemak 30% sehari. Hindari konsumsi lemak jenuh seperti junk food dan dairy products karena tidak baik untuk kesehatan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar