Sukses

Penyebab Benjolan Penis

20 Mar 2015, 18:51 WIB
Pria, 24 tahun.

Assalamu'alaikum dokter. saya mau bertanya. Saya remaja berusia 23 tahun, belum menikah. Saya mempunyai keluhan ada seperti benjolan kecil di batang penis saya, tepatnya di sisi kanan batang penis. benjolan berjumlah satu dok. Benjolan lebih jelas terlihat jika ereksi, tapi jika tidak ereksi, masih bisa dirasakan. Ukuran benjolannya lebih kecil sedikit dari biji kacang hijau. Benjolannya mudah jika digerakkan dok. Sepertinya berada di dalam kulit dok, dan warnanya kelihatan putih. Benjolan tidak nyeri jika ditekan dok. Konsistensinya sedikit lembut. Keluhan benjolan ini kurang saya pahami sudah berapa lama dok, mungkin sudah beberapa tahun dok. Sejak saya kuliah di fakultas kedokteran, saya mulai khawatir apakah benjolan ini berbahaya atau tidak. apakah ini lipoma dok, atau yang lain dok? kira-kira apakah jika saya sudah menikah nanti, jika sering terjadi penetrasi penis ke vagina dan mengenai benjolan, dapat berbahaya dok? Apakah benjolan dapat bertambah besar dok? Dan bagaimana penatalaksanaan selanjutnya dok. Terima kasih dokter atas kebaikan hati dokter. Wassalamu'alaikum.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Keluhan yang anda alami, yaitu adanya bintik pada penis yang berukuran kecil, tidak sakit dan tidak gatal merupakan keluhan yang tidak khas untuk suatu penyakit tertentu, sehingga sulit bagi Kami untuk memastikan diagnosis penyakit anda tanpa gambar dari benjolan tersebut dan tanpa informasi lebih lanjut, seperti :

  • Bagaimana bentuk benjolan tersebut, apakah bulat dengan tepi teratur, atau bentuk tidak beraturan?
  • Berapa ukuran benjolan tersebut (dalam satuan mm atau cm)?
  • Berapa jumlahnya?
  • Bagaimana warnanya? Apakah terdapat warna kemerahan pada benjolan tersebut dan area disekitarnya?
  • Sejak kapan benjolan tersebut timbul? Apakah ukurannya semakin membesar atau menetap?
  • Apakah benjolan tersebut hilang timbul atau menetap?
  • Pernahkan anda mengalami keluhan seperti ini sebelumnya?
  • Apakah benjolan tersebut berisi air/nanah?
  • Adakah keluhan lain yang anda rasakan?
  • Apakah anda sudah menikah atau memiliki riwayat berganti-ganti pasangan seksual?

Sebagian besar benjolan pada kemaluan memang lebih sering disebabkan oleh infeksi. Namun untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter untuk membedakannya dengan kemungkinan penyebab penyakit lain. Pengobatan yang diberikan akan disesuaikan dengan diagnosis yang ditegakkan, dapat berupa pembedahan dengan bius lokal untuk mengangkat benjolan atau hanya pemberian obat. 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga dapat membantu 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar