Sukses

Dampak Onani

21 Feb 2013, 09:47 WIB
Pria, 21 tahun.
Selamat malam pak/bu dokter dan ahlinya, saya mau bertanya dengan ahlinya langsung, semoga pertanyaan saya terjawab dan saya bisa mengetahui tindak lanjutnya. Umur saya 21, 22 tahun ini. Beberapa bulan belakangan ini, saya sering kali masturbasi, dan frekuensinya makin bertambah, bisa 1-7 (paling banyak) normalnya 1-3 kali sehari biasanya. Sekitar minggu lalu, disaat saya ingin masturbasi yang ketiga kalinya, penis saya tidak mengeras seperti dua kali masturbasi sebelumnya, dan hanya mengeras ketika sudah mau ejakulasi. Lalu saya mencoba untuk merangsang penis saya untuk ereksi, namun sangat sulit, bahkan untuk keesokan harinya agak sulit, namun masih bisa keras, tetapi rasanya tidak sekeras sebelumnya. Saya bingung ini kenapa dan saya mencari-cari sebabnya di internet, karena saya sangat takut. Akhirnya saya menemukan beberapa artikel, dan disalah satu artikel saya membaca bahwa tidak ada efek samping fisik dari masturbasi, dan hal seperti ini bisa sembuh dengan sendirinya. Setelah saya membaca-baca artikel tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk tidak bermasturbasi dahulu dan mulai berolah raga (jogging pagi dan sore). Lalu, setelah 5 hari, saya tidak kuat dan mencoba untuk bermasturbasi kembali, namun ereksi saya pun rasanya tidak sekeras dulu dan cukup sulit untuk mencapai ereksi, saya tidak tahu ini karena penyebab kesadaran dan ketakutan akan penyakit atau apa, tetapi yang jelas lebih sulit untuk ereksi sekarang dan rasanya tidak sekeras dulu. Oh iya, kadang-kadang (tidak setiap saat) di penis terasa sedikit ngilu atau sedikit nyeri, saya tidak tahu juga kenapa. Saya benar-benar khawatir sekarang, ada apa dengan diri saya ini ? Apakah ini berbahaya ? Apakah ini masih bisa disembuhkan ? Saya sangat berharap ini bisa disembuhkan. Saya bingung karena pada saat saya membaca internet, ada beberapa yang bilang masturbasi tidak ada efek samping fisikal, hanya psikologis saja, tetapi beberapa menyebutkan bahwa ada efek samping fisikalnya, mana yang benar ? Dan kalau saya mau cek dan konsultasi ke dokter, ke dokter spesialis andrologi atau kulit kelamin ya ? Saya sangat memohon bantuan dan pencerahannya dari Bapak/Ibu dokter dan ahlinya, kalau bisa secepatnya agar bisa ditangani lebih lanjut. Terima Kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Kami memahami kekhawatiran Anda, untuk itu izinkan kami untuk menjelaskan dan menjawab pertanyaan Anda satu persatu.

Onani atau masturbasi merupakan suatu perangsangan seksual pada alat kelamin yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Masturbasi tidak menyebabkan terjadinya kemandulan. Kebiasaan melakukan masturbasi bukanlah hal yang positif, terlebih jika dilakukan frekuensi yang sangat sering (hampir setiap hari). Kebiasaan melakukan masturbasi dapat menimbulkan masalah psikis dimana timbul pikiran terus menerus untuk melakukan masturbasi. Selain itu, tindakan masturbasi juga dapat menyebabkan perlukaan dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan keinginan melakukan masturbasi adalah dengan melakukan hal-hal yang lebih positif seperti dengan berolah raga, melakukan hobi-hobi anda, dll. Hindarilah hal-hal yang memicu anda untuk melakukan masturbasi seperti melihat gambar atau membaca buku-buku yang merangsang. 

Mengenai nyeri pada penis Anda, sebelumnya apakah ada riwayat trauma (benturan) atau luka pada penis anda?apakah rasa nyeri tersebut menetap atau hilang timbul?kapan tepatnya nyeri tersebut dirasakan,saat ereksi atau tidak?apakah ada keluhan lain seperti nyeri saat BAK,panas dan gatal pada penis dan lain sebagainya?apakah anda pernah berhubungan seksual sebelumnya?

Nyeri pada penis dapat disebabkan karena infeksi, trauma, dan penyakit lainnya. untuk itu kami sarankan anda memeriksakan keluhan anda langsung ke dokter untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang anda rasakan sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat.Untuk referensi dokter, Anda dapat memeriksakannya ke dokter umum terlebih dahulu atau dapat langsung memeriksakannya ke dokter spesialis andrologi.

Untuk informasi lengkap, kami sertakan artikel: Bermasturbasi Pada Pria. 

Ataupun Anda dapat memperkaya khazanah pengetahuan Anda seputar Andrologi pada Rubrik Seks Klikdokter.com disini

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar