Sukses

Diare Anak

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Wanita, 2 tahun.
dokter sy mau tanya,, anak sy mencret2 dan muntah, demam sudah 3 hari (klo di rata2 perhari BAB 2x, bentuk fesesnya masih ada ampasnya) sdh kami periksakan ke dokter dan dikasih obat (puyer,kcl,vometa) saat ini demamnya sudah gak ada, begitu juga muntahnya jg tidak ada, sy bingung menghadapi hal spt ini,, makan mau sedikit, susu juga mau cm sedikit (gak seperti biasanya) sikon anaknya walopun sedang sakit masih saja enerjik,,apakah dia tidak kekurangan cairan dokter?? apa yang harus kami lakukan???
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Diare pada anak perlu diwaspadai karena tubuh anak yang sebagian besar  terdiri atas cairan (80%) sehingga akan mudah sekali menjadi dehidrasi  (kekurangan cairan) akibat diare.Yang  diperlukan adalah mengawasi jumlah cairan di dalam tubuh anak.Setiap kali anak BAB atau muntah maka berikan asupan cairan oralit kepada anak.

Indikator paling mudah untuk melihat anak kekurangan cairan atau tidak  adalah melihat BAK anak. Perhatikan BAK anak, kalau sudah mulai  berkurang dan berwarna pekat, merupakan tanda anak kekurangan cairan.Bila anak masih dapat minum maka dapat diberikan cairan elektrolit, jika anak sudah lemas dan tidak dapat minum maka perlu dilakukan penambahan cairan dan elektrolit melalui infus.  Tanda lainnya adalah tidak adanya air mata sewaktu anak menangis dan  anak menjadi lemas. Apabila sudah ada tanda-tanda kekurangan cairan,  segera bawa anak ke dokter.

 

demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar