Sukses

Telat Haid

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Wanita, 27 tahun.
Selamat Siang dokter, saya ingin bertanya. Saya memang sedang menantikan kehamilan, karena sudah menikah setahun lebih. Nah...sekarang ini saya sudah terlambat haid tapi lupa pastinya terlambat brp hari...karena HPHT bulan kmaren saya lupa tanggal 4 apa 7 Januari gitu. Nah sekarang ini saya udah hampir 2mggu mengalami sembelit (susah BAB) padahal tadinya rutin tiap pagi habis sarapan atau sekedar ngemil. Dan sekarang ini saya keputihan, lalu kemarin saya menjumpai cairannya agak coklat kemerahan sewaktu senin siang. lalu saya ganti pantyliner sore saya cek cairan keputihan kembali putih susu biasa. hingga malam juga keputihan biasa. tapi ketika bangun tidur selasa pagi kembali keluar semacam cairan keputihan dengan warna coklat kemerahan lagi. siangnya saya cek kembali biasa lagi. kira2 ini cairan apa ya dok?? apa ada kelainan keputihan atau ini yg disebut flex awal kehamilan?? saya belum TP krn takut kecewa lagi. kira2 knapa ya dok ini?? perlu diketahui siklus haid normal saya 28hari, pernah sesekali terlambat krn kecapean hingga 31hari. dan saya jika akan haid tidak pernah diawali flex2 pasti langsung darah menggumpal. apa ini pengaruh psikis?? Oiya skr saya juga merasakan payudara sangat sakit, bahkan tersenggol suami saja terasa sakit sampe ke puting. Mohon bantuannya ya DOk, terima kasih banyak...semoga Tuhan senantiasa memberkahi kita... Aamiin...
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain

  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Stres psikologis
  • Atlit
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • Dsb
Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.
 
Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.
 
Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.
 

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan penyebabnya. Dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang tepat dan optimal.


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar