Sukses

Tifoid

17 Oct 2014, 06:11 WIB
Pria, 21 tahun.
Selamat siang dok, mau tanya saya sudah 3 minggu demam tidak sehat-sehat. awal demam saya langsung ke dokter dan di diagnosa terkena DBD tapi saya untuk memastikan test lab dan hasilnya negatif. terus saya ke dokter lagi (lain dokter) saya di diagnosa terkena Typus. setelah 3 hari minum obat dari dokter demam saya turun tetapi badan masih lemas dan pusing. dan sampai 3 minggu ini badan saya masih merasa lemas, pusing dan kadang2 demam. apakah penyembuhan typus tetap disertai demam dan pusing apakah jangka waktu 3 minggu normal untuk penyembuhan typus ? terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Sakit tifus, atau yang dalam dunia kedokteran lebih dikenal sebagai demam tifoid, terjadi akibat adanya infeksi bakteri Salmonela typhii dalam tubuh. Bakteri ini akan menyerang usus dan menimbulkan keluhan berupa demam tinggi, tubuh menggigil, badan lemah, sakit kepala, nafsu makan menurun, konstipasi atau diare, nyeri otot, dll. Infeksi ini ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar oleh tinja penderita tifoid, yang biasanya dibawa melalui lalat, tangan yang kotor, dll.

Penyakit ini dapat disembuhkan secara total dengan pemberian antibiotik yang tepat, seperti kloramfenikol, trimethoprim-sulfamethoxazole atau ciprofloxacin, untuk periode waktu tertentu. Obat-obat tersebut hanya dapat dikonsumsi dengan resep dokter, setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Penggunaan obat yang tidak sesuai dengan indikasi dokter, baik jenis obat, dosis dan lama penggunaannya, justru akan berakibat buruk bagi tubuh. Dengan pengobatan yang tepat dan istirahat saat fase akut akan memercepat proses penyembuhan demam tifoid. Bila tak terawat dengan baik, demam tifoid dapat berlangsung selama tiga minggu atau lebih. Penderita demam tifoid sebaiknya beristirahat untuk sementara waktu, hindari aktifitas yang terlalu tinggi selama masih sakit. Aktifitas dapat kembali seperti semula secara perlahan-lahan, setelah kondisi anda sudah lebih baik.

 


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar