Sukses

Diet

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Wanita, 23 tahun.
Siang, Dok,,saya sedang menjalani diet. saya selalu jalan pagi 30-45 menit setiap pagi. Menu sarapan pagi saya 1 lembar roti gandum saja yang hendak saya tanyakan,, jika makan siang dan malam saja hanya 50 gram tempe dengan sayuran hijau (kangkung/bayam) tanpa nasi,,, jika saya menghindari makan daging, apakah sudah mencukupi gizi saya?dan apakah saya bisa menurunkan berat badan? terimakasih dok
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Pada prinsipnya yang dapat menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi pemasukan kalori (makanan dan minuman) dan meningkatkan pengeluaran kalori (olahraga / meningkatkan aktivitas) dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakannya. 

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.
Memang salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah pengaturan makan,akan tetapi untuk pengaturan makan harus juga dilihat jenis kelamin,usia,berat badan,jenis aktifitas,dan lain sebagainya.jangan demi menurunkan berat badan lalu anda membiarkan badan anda kelaparan dan kekurangan nutrisi. Apabila Anda susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter ahli Gizi untuk mengetahui diet yang tepat dan sesuai dengan kondisi anda.

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar