Sukses

Anak Sulit Makan

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Wanita, 1 tahun.
Dear Pak Dokter Pak Dokter,saya punya bayi perempuan yg berusia 10 bulan, anak saya susah sekali makan sejak pertama mengenal MP ASI dok, mau makan pun tp pasti dimuntahkan lagi. sementara anak saya dr bayi saya kasih ASI ekslusif, namun sebenarnya ASI nya kurang lancar dok, lalu saya coba berikan sufor tapi dia malah alergi. saya belikan yg soya dia mau tp hrs pakai sendok cara minumnya, kalau pakai dot botol susu dia tidak mau. bener2 susah sekali dok, saya hampir stres mengurus anak saya yg susah makan. bagaimana saya memberikannya gizi kalau seperti ini terus dokter? saya selalu menangis dan mengeluh setiap saat, karena anak saya sampai umur 10 bulan ini Berat Badan nya hanya 6 kg saja, 4 bulan berturut2 tidak naik dok, dan badannya kecil sekali. Apa yang harus saya lakukan dokter??? Mohon sarannya dari dokter. Terima kasih Dok.. Regards, Ika
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Berat badan rata-rata anak perempuan pada usia 10 bulan adalah 8,5kg (7,5-9,6kg) dan tinggi badan 71,5cm (68,93-74cm) menurut WHO.

apakah ada keluhan lain pada anak anda seperti batuk lama,demam,diare atau lain sebagainya?apa saja makanan yang telah diberikan hingga usia anak anda 10 bulan?

Jika melihat dari informasi yang anda  berikan maka kami sarankan sebaiknya anda memeriksakan anak anda terlebih dahulu ke dokter spesialis anak terdekat di kota anda untuk mengetahui apakah ada penyakit yang menyebabkan berat badan anak anda susah naik.Bila memang terdapat penyakit maka penyakit tersebut haruslah terlebih dahulu diobati.

Selain itu untuk mengakali agar anak anda mau makan,berikut ini kami sertakan tips yang dapat membantu anak untuk menyenangi makanan dan makan dengan lebih mudah:

  1. Mengurangi cemilan yang membuat anak kenyang

  2. Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak

  3. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda.

  4. Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak sehingga anak tidak bosan.

  5. Tambahkan susu secukupnya. Jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan. Jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi. Cukup 2-3 gelas susu sehari.

  6. Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya

  7. Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi

  8. Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian

  9. Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.


 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar