Sukses

Benjolan di Leher

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Pria, 20 tahun.
Izin bertanya... Saya mahasiswa domisili bandung, umur 20 tahun. Tanggal 10 Desember 2012 kemarin, muncul benjolan dileher sebelah kanan dibawah ujung rahang saya, dibagian leher. Benjolannya sebesar setengah kelereng mungkin. Saya cari-cari info, dan ternyata sepertinya kelenjar getah bening yang sedang membengkak. Dan saya juga bertanya kepada teman yang kebetulan pernah mengalaminya, katanya hilang sekitar sebulanan. Karena merasa penasaran, saya juga udah ke dokter dan diberikan obat, dan antibiotik. Obat habis, benjolan juga mengecil namun tidak hilang. Dokter yang memeriksa saya bertanya apakah ada yang sedang sakit TBC di lingkungan saya, dan apakah saya batuk2, atau demam, ya saya jawab tidak, karena memang tidak merasakan batuk2, demam, ataupun sesak napas. Intinya yang saya alami hanya ada benjolan dari dalam, pada bagian leher. Yang ingin saya tanyakan, benjolan apa ini? Jika memang kelenjar getah bening, kenapa tiba2 saja membesar, sedangkan saya tidak merasakan sakit apa2? Lalu saran pengobatannya seperti apa? Mohon dibalas... :)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Mohon maaf kami tidak mengetahui secara pasti apa benjolan tersebut tanpa memeriksa anda secara langsung.

Anda sudah memeriksakan ke dokter.lalu apa kata dokter yang memeriksa anda?

 

Mengenai benjolan leher satu sisi dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • sebab lain (jarang)

Untuk itu perlu diketahui karakteristik benjolan tersebut, seperti perabaannya kenyal atau tidak, apakah dapat digerakkan atau digeser, apakah nyeri, apakah semakin membesar, apakah didahului oleh radang, apakah keluhan gatal yang anda rasakan berhubungan dengan benjolan tersebut atau tidak,dsb yang baru dapat diketahui setelah dilakukan pemeriksan fisis secara langsung.Untuk membedakannya, Anda harus memeriksakan diri ke dokter segera, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan apa benjolan tersebut dan pengobatan akan disesuaikan dengan kondisi anda.

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar