Sukses

Anak Sangat Pendiam Saat Diluar Rumah

25 Jul 2015, 10:17 WIB
Wanita, 4 tahun.

salam kenal dok, saya baru bergabung di klikdokter ini. saya mau menanyakan mengenai anak saya yang kedua. jenis kelamin perempuan dan sekarang sedang sekolah di TK A. yang membuat saya khawatir adalah ketika dia ada di rumah tingkah lakunya sangat aktif dan banyak bicara dan banyak bertanya kepada kami sebagai orang tua dan kepada kaka perempuannya juga. tapi ketika dia berada di sekolah dia berubah menjadi pendiam, bahkan guru nya di sekolah menegur kami selaku orang tua bahwa anak kami sangat pendiam di sekolah dan susah untuk mengeluarkan suara ketika ditanya, dia menjawab namun suara nya kecil. dan kami selalu mengajarkan kepada dia untuk bersuara keras ketika di tanya. namun ketika di sekolah kembali dia menjadi pendiam. menurut dokter bagaimana cara kami menanggapi sikap anak kami tersebut. untuk kesehatan semua tidak ada masalah dok. terima kasih. dan satu lagi terkadang dia suka mengarang cerita tentang teman teman nya. yang sebetulnya tidak benar. dia melakukan itu hanya untuk menyenangkan kami selaku orang tua kalau dia sekolah bergaul dengan teman temannya padahal sebenarnya tidak. dia pendiam sekali kalau di luar rumah. terima kasih dok atas perhatiannya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Pendiam dan Pemalu merupakan karakter yang berhubungan dengan kepercayaan diri. Dalam tahap yang wajar, menurut kami pendiam bukan suatu hal yang perlu diatasi. Setiap orang diciptakan dengan karakter yang berbeda-beda dan ditujukan untuk saling melengkapi. Termasuk juga sifat pendiam. Namun, bila rasa pemalu dan pendiam sudah sampai ke tahap yang mengganggu, maka terdapat beberapa hal yang dapat diusahakan. Berikut kami sertakan artikel yang dapat membantu menjawab pertanyaan Anda.

Memupuk Rasa Percaya Diri

Bila rasa pemalu dan pendiam tersebut masih mengganggu, kami menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis psikiatri. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar