Sukses

Menurunkan Berat Badan

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Wanita, 25 tahun.
dok, saya sedang berusaha menurunkan berat badan saya, tapi sulit sekali berhasil diet yang saya lakukan, saya takut untuk mengkonsumsi obat diet yang dijual di pasaran, sebagai gambaran aktivitas saya sehari-hari, saya seorang akuntan, yang bekerja dengan 90 % duduk di kursi selama jam kerja saya, rata-rata saya berjalan kaki kurang lebih 2 km sehari untuk menuju tempat kerja saya, pengganti joging, karena saya sulit mengalokasikan waktu untuk joging di pagi hari, pola makan, saya jarang mengkonsumsi daging ikan, dan buah, tapi saya sangat gemar makan sayuran hijau, kacang-kacangan, dan telur, tekanan darah saya juga cenderung rendah, apa yang sebaiknya saya lakukan ya dok, agar dapat menjalani diet sehat, sehingga saya bisa mencapai berat badan ideal saya..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.


Pada prinsipnya yang dapat menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi pemasukan kalori (makanan dan minuman) dan meningkatkan pengeluaran kalori (olahraga / meningkatkan aktivitas) dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakannya. 

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. Apabila Anda susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter ahli Gizi untuk mengetahui diet yang tepat dan sesuai dengan kondisi anda.

 

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar