Sukses

Efek Rokok pada Gigi dan Mulut

18 Aug 2014, 09:10 WIB
Wanita, 22 tahun.
siang dok, suami saya adalah pecandu rokok. gigi ny menguning hitam serta banyak berlubang,serta tidak rata lagi. bagai mana solusinya dok??? mohon penjelasannya. terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turur prihatin atas kondisi yang suami Anda alami. Kebiasaan merokok memang sangat merugikan bagi kesehatan tubuh dan juga kesehatan rongga mulut serta gigi. Rokok dapat meninggalkan noda pada gigi yang menyebabkan terjadinya perubahan warna, dimana gigi akan berwarna kuning kecoklatan. Selain itu kebiasaan  rokok juga menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan pendukung gigi dan memperlambat penyembuhan pada luka diarea rongga mulut.

Kondisi gigi dari suami ibu dimana gigi banyak yang berlubang dan mengalami perubahan warna maka sebaiknya dilakukan perawatan segera ke dokter gigi. Gigi yang berluban sejatinya harus dirawat, bila sesuai dengan indikasi penambalan maka lubang tersebut kan ditambal oleh dokter gigi,namun bila keadaannya sudah tidak memungkinkan untuk ditambal atau dilakukan perawatan lainnya maka gigi akan dicabut. Untuk permasalah gigi yang tidak rata lagi disini saya asumsikan bahwa gigi tersebut mengalami kerusakan jaringan periodontal atau jaringan pendukung yang mana bila tidak dirawat hal ini akan mengarah pada goyangnya gigi, namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan secara langsung.

Mengingat keadaannya yang mengalami banyak gangguan segeralah dibawa kedokter gigi agar keadaan gigi suami ibu tidak bertambah parah, hal yang penting lainnya tetaplah menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi 2 kali sehari.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca.

Rokok dan Alkohol Picu Tumor Ganas pada Mulut (27 September 2010)

Rokok Sebabkan Kanker Rongga Mulut & Kematian

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar