Sukses

Haid Tidak Teratur Setelah Pakai KB Hormonal

08 Sep 2015, 10:47 WIB
Wanita, 32 tahun.

Siang dok... Sekitar 6 bulan yang lalu saya melakukan kuret yang disebabkan janin mati didalam dan langsung dilakukan pemasangan IUD.. namun setelah kuretase tersebut saya selalu mengalami pendarahan yang tiada henti, kata dokter saya mengalami penebalan dinding rahim, namun setelah diobati, penabalan tersebut sembuh namun darah tidak juga berhenti keluar. akhirnya saya lepas IUD dan bebarapa hari kemudian darah berhenti, namun masuk haid selanjutnya, pendarahan pun kembali terjadi sampai sekitar 3 minggu, dan dokterpun memberi saya pil kb kombinasi yang diminum selama 15 hari, darahpun berhenti... pada masa haid berikutnya tanggal 14 November 2012, berhubung saya menyusui, maka saya menggunakan pil kb laktasi, namun akibatnya dua hari setelah bersih, darahpun keluar lagi , hingga sayapun menghentikan pemakaian pil kb laktasi dan beralih ke pil kb kombinasi, namun darahpun masih tetap saja keluar sampai saat ini.. Ada apa dengan saya dok, adalah hubungannya dengan kista serosum sebesar bola tenis yang diangkat 14 bulan yang lalu ketika cesar? ataukah ada infeksi atau tanda awal dari kanker? Berbahayakah dok ???

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kontrasepsi yang mengandung hormon, berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Jika keluhan Anda berlanjut, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter kebidanan dan kandungan untuk evaluasi dan penanganan yang tepat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar