Sukses

Nyeri Telinga Saat Sendawa

13 Nov 2014, 11:14 WIB
Wanita, 23 tahun.

kenapa ya telinga saya yang kiri sakit saat sendawa? 3 hari ini saya terkena flu dan sering membuang ingus keras2.. mungkinkah ingusnya masuk ke eustacius dan nempel ke gendang telinga bagian dalam? cara mengatasinya kalo di rs seperti apa? saya mau ke tht taapi msih takut dg prosedurnya, trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami rasa Khawatir yang Anda rasakan. Nyeri telinga pada saat sendawa, salah satunya dapat disebabkan karena terjadi gangguan pada tuba eustachius.

Tuba Eustachius adalah saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan kerongkongan. Fungsi Tuba ini sebagai ventilasi, pengeluaran cairan dari telinga tengah, dan mencegah masuknya cairan masuk dari kerongkongan ke telinga tengah. Tuba biasanya dalam keadaan tertutup dan baru terbuka apabila oksigen diperlukan masuk ke telinga tengah atau pada saat mengunyah, menelan dan menguap.

Gangguan fungsi Tuba dapat terjadi oleh beberapa hal, seperti tuba terbuka terbuka abnormal, gangguan otot tuba, bibir sumbing berat, dan sumbatan pada Tuba. Pada kondisi Anda, kami berasumsi gangguan fungsi tuba disebabkan karena adanya sumbatan pada tuba.

Sumbatan pada tuba dapat terjadi oleh berbagai kondisi, seperti peradangan di daerah tenggorokan atau sumbatan oleh tumor. Gejala awal timbul pada penyumbatan tuba oleh tumor adalah terbentuknya cairan pada telinga tengah. Keluhan biasanya berupa rasa penuh ditelinga, gema suara sendiri terasa lebih keras, perasaan ada air dalam telinga, suara mendesis, hingga berkurangnya pendengaran pada telinga dengan tuba yang terganggu.

Untuk penanganannya harus terlebih dahulu diatasi penyebabnya. Pada kasus Anda kemungkinan berawal dari adanya radang pada hidung / tenggorokkan (flu). Untuk itu perlu diberikan obat untuk mengatasi penyakit tersebut. Jika keluhan nyeri telinga berlanjut setelah selesai pengobatan, Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis THT untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar