Sukses

Nyeri dan Dada Membesar Pada Laki-laki

26 Aug 2015, 15:31 WIB
Pria, 25 tahun.

susu kanan saya tidak sebesar susu kiri, saya melihat dada kanan saya atau susu sebelah kanan seperti payudara wanita, bila saya tekan terasa sakit. gejala apa itu???

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Memang terdapat kondisi medis yang menyebabkan pembesaran pada payudara laki-laki, yang disebut sebagai ginekomastia. Ginekomastia merupakan konodisi yang umum ditemukan, pada 40 - 60% laki-laki. Keadaan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya; obese (kelebihan berat badan), masalah gangguan hormon, gangguan hati, gangguan ginjal, atau penggunaan obat-obatan seperti  steroid, spironolakton, ataupun alkohol.

Namun umumnya pembesaran payudara yang terjadi pada penderita ginekomastia terjadi pada kedua payudara.

Dalam informasi yang anda berikan, pembesaran dipayudara hanya terjadi pada sisi kanan saja disertai rasa nyeri saat ditekan. Oleh karena itu perlu dipikirkan adanya kondisi penyakit yang menyebabkannya; misalnya variasi bentuk dada karena bawaan sejak lahir, proses infeksi, tumor, dll.

Sayangnya kami tidak dapat memastikan penyebab tersebut jika tidak dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kami menganjurkan anda sebaiknya segera memeriksakan diri kepada dokter. Bisa terlebih dahulu kepada dokter umum. Dan bila diperlukan, maka dokter dapat merujuk anda kepada spesialis Bedah umum atau onkologi sesuai bidang yang dituju.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar