Sukses

Kadar Hb

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Wanita, 43 tahun.
Selamat siang dokter, 30 Apr'12, saya ke UGD RS di Jkt Barat, Kedua kaki bengkak, dan salah satu mata kaki kanan nyeri. Dokter UGD langsung menjalani Test Lab : Hematologi, Kimia Darah, Urine Data pada Hasil Lab, yang terlihat tdk normal adalah di Hematologi : - Hemoglobin L 8.9 *Duplo - Hematokrit (HCT) L 29 - Lekosit (WBC) H 12.4 - Hitung Jenis (Diff) Monosit H 9 - MCV L 58 - MCH L 18 Diagnosa Dokter UGD saya menderita Anemia + Artritis Saat ini, hampir 2 bulanan, kaki saya seringkali bengkak terutama setelah menjalani aktifitas kerja, dibagian tulang betis suka berasa panas, mata kaki juga terasa nyeri (saat bengkak). Betis sy keras, Dengkul dan Paha Kiri sesekali terlihat lebih besar dari kanan. Tapi begitu beristirahat semua menjadi normal kembali. Sy dulu perokok, bisa 2-3 bks sehari dan peminum kopi 5-6 gelas. Sebelumnya sempat berhenti tp mulai lagi, dan sejak Mei'12 sy sdh berhenti merokok. Kopi sudah 1.5 bulan ini bisa dibilang nyaris berhenti, karena hanya sekitar 6-7 gelas selama 1.5 bulan ini. Apa ini anemia? Terimakasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Dimana tepatnya bengkak pada kaki yang anda alami.telapak kaki,mata kaki,lutut,atau seluruh kaki?Apakah bengkak selalu terjadi di kedua kaki atau pernah hanya pada salah satu kaki?Kapan saja keluhan bengkak dirasa berkurang atau justru bertambah berat?apakah ada keluhan lain yang dirasakan?

Jumlah Hemoglobin (Hb) menandakan konsentrasi protein hemoglobin yang membawa oksigen di dalam darah. Hb sendiri adalah komponen utama dari sel darah merah.

Kisaran Hemoglobin (Hb) normal pada wanita dewasa yang tidak hamil adalah antara 12-16 mg/dL. Kisaran ini akan sedikit bervariasi tergantung dari batasan nilai normal pada masing-masing laboratorium.Seseorang dikatakan anemia bila kadar Hbnya dibawah 10.

Hemoglobin yang rendah dalam dunia medis disebut dengan anemia seringkali dihubungkan dengan beberapa penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh memiliki terlalu sedikit sel darah merah, misal: thalassemia. Anemia dapat terjadi jika tubuh menghasilkan sel darah merah yang lebih sedikit dibandingkan biasanya, misal: kekurangan asupan Fe (besi, bahan pembentuk hemoglobin); jika tubuh menghancurkan sel darah merah lebih cepat daripada sel darah dapat diproduksi (misal: Malaria) atau jika Anda mengalami kehilangan darah seperti misalnya pada kecelakaan, menstruasi, penyakit demam berdarah, ataupun muntah darah.

Kami sarankan anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam dan membawa serta hasil laboratorium tersebut untuk mencari tahu penyebab anemia dan bengkak pada kedua kaki yang anda alami dan mendapatkan pengobatan yang sekiranya diperlukan.

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar