Sukses

Kenapa Nafsu Makan Anak Saya Rendah, Dok?

14 Dec 2015, 09:15 WIB
Pria, 2 tahun.

Dok, anak saya akhir-akhir ini tidak mau makan nasi, maunya kadang-kadang lauknya saja, atau buah. kadang hanya asi saja, apakah ini pengaruh kesehatan? bagaimana solusinya

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Apakah ada keluhan mengenai kondisi kesehatan anak Anda misalnya seperti:

Apakah Anda memberikan susu formula, jika iya seberapa sering Anda memberikan susu formula? 

Karena bisa saja anak Anda menolak untuk makan karena sudah kenyang terlebih dahulu akibat konsumsi susu formula yang banyak atau pemberian susu formula sebelum makan.

Berikut ini kami sertakan tips yang dapat membantu anak untuk menyenangi makanan dan makan dengan lebih mudah. Silakan klik next untuk melanjutkan.

Kenapa Nafsu Makan Anak Saya Rendah, Dok?

Berikut ini kami sertakan tips yang dapat membantu anak untuk menyenangi makanan dan makan dengan lebih mudah:

  1. Mengurangi cemilan yang membuat anak kenyang

  2. Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak

  3. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda.

  4. Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak sehingga anak tidak bosan.

  5. Tambahkan susu secukupnya. Jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan. Jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi. Cukup 2-3 gelas susu sehari.

  6. Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya

  7. Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi

  8. Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian

  9. Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.

Bila Anda ingin mengetahui secara pasti mengenai kondisi kesehatan anak Anda, maka tidak ada salahnya jika Anda memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak terdekat di kota Anda.

Untuk menambah pengetahuan bersama, berikut kami rekomendasikan tulisan dari tim redaksi dokter lainnya yang mengulas tips-tips meningkatkan nafsu makan anak, antara lain:

Semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar