Sukses

Maag

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Wanita, 23 tahun.
halo dok... saya mw tanya..???ap beda maag dgn gerd..?? bbrp bln ini saya mengalami nyeri di ulu hati,srg kembung,srg bersendawa dan terkadang smp menyebabkan napas pndek pndek....stp mlm nyeri itu slalu terasa.,mgkn krn pd siang hari saya tdak tlalu merasakannya krn bnyk giat... saya udh konsultasi ke beberapa dokter dan jwbannya slalu sakit maag...tkdang brp saat spt sudah sembuh tp kumat lagi..bgtu trus slm bbrp bln ini..slm sakit saya g prnh pantang mkanan dok... apakah saya harus endoskopi or usg dok..??? saya ini terkena sakit maag or gerd dok..??? knp sakitnya g bs smbuh total y dok..???
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 


Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

Anda mengatakan sudah periksa ke dokter dan dinyatakan terkena maag dan anda menjalani pengobatan tetapi anda tidak pantang makanan tertentu?Lalu bagaimana dengan pola makan anda?Bila benar anda terkena maag maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress.Bila anda tidak melakukan perubahan pola hidup seperti yang kami sebutkan maka tidak heran jika maag anda sering kumat.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar