Sukses

Belum Haid Setelah Melahirkan

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 26 tahun.
dear dok, saya mau tanya, saya baru melahirkan 3 bulan lalu, sampai sekarang saya belum haid, saya menyusui tapi tidak eksklusif dibantu dengan susu formula. dari maaf (vagina) saya keluar cairan warnanya kuning-keputihan gitu dan saya belum memasang alat KB. saya takut berhubungan intim dengan suami saya jika belum memasang alat KB.apa haid saya akan lancar dan apa saya perlu tunggu haid dulu sebelum pasang alat KB? terima kasih Dok
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Belum menstruasi kembali setelah melahirkan wajar terjadi karena perubahan hormonal di tubuh ibu yang menyusui. Hormon prolaktin akan menekan estrogen dan menghambat terjadinya menstruasi pada ibu menyusui.

Karena itulah maka menyusui atau pemberian ASI eksklusif merupakan salah satu metode kontrasepsi alami. Siklus menstruasi akan kembali normal 6 bulan - 2 tahun setelah melahirkan atau setelah perlahan-lahan ASI sudah mulai dikurangi.

Apakah cairan yang keluar berbau,timbul rasa gatal atau panas pada kelamin,dsb?Untuk melihat apa cairan yang keluar tersebut maka kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter spesialis kebidanan dan kandungan terdekat di kota anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami beirkan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar