Sukses

Terindikasi Fatty Liver, Apa Langkah Selanjutnya?

16 Aug 2015, 08:15 WIB
Pria, 26 tahun.

Assalam. WR.WB Dokter, saya pernah mengikuti tes kesehatan dalam tes pekerjaan, namun saya tidak lolos dalam tes kesehatan tersebut sebanyak 3x perusahaan yang berbeda. penasaran dengan kondisi kesehatan, dari ketiga hasil tes kesehatan tersebut saya melihat ada kondisi SGPT, SGOT, dan Trigleserida yang cukup tinggi, tes di Prodia menunjukan ada nya indikasi Fatty Liver. terakhir saya melakukan tes pribadi di RS. Sahid Sahirman, berikut hasil nya: Gamma GT: 299 U/L AST/SGOT: 87 U/L ALT/SGPT: 169 U/L HEPATITIS HBsAG kualitatif: Non Reaktif saya dulu perokok, namun berhenti semenjak 2thn yg lalu, saya tidak konsumsi alkohol dan obat2 terlarang apa ada hal yang perlu saya periksa lagi?? kira2 apa yang terjadi pada kesehatan saya??? terima kasih sebelum nya Wassalam. WR.WB

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami turut prihatin atas apa yang terjadi pada kesehatan Anda. Untuk menjawab pertanyaan yang anda ajukan, akan kami bahas terlebih dahulu mengenai penyakit Fatty Liver.

Lemak dalam jumlah sedikit di liver (hati) merupakan hal yang normal. Namun bila jumlah lemak mengambil 5% - 10% berat dari liver Anda, maka kemungkinan besar Anda memiliki kondisi yang dinamakan Fatty Liver (Perlemakan Hati).

Secara umum, fatty liver dapat disebabkan oleh alkohol, obesitas, diabetes mellitus, konsumsi obat kortikosteroid, hiperlipidemia, dll. Pada fatty liver yang tidak terlalu berat, terkadang tidak dibutuhkan penanganan apapun. Namun, kontrol berat badan, diet rendah lemak dan olah raga terkadang dapat memberikan hasil yang baik dan mengurangi perjalanan perkembangan fatty liver.

Anda terlebih dulu perlu mengetahui apa yang menyebabkan kondisi fatty liver Anda dan menghindarinya agar tidak terjadi perburukan.

Berdasarkan infromasi yang anda sertkan, Hiperlipidemia (trigliserida tinggi) merupakan faktor resiko yang dapat menjadi penyebab perlemakan hati anda. Adanya gangguan pada hati menyebabkan peningkatan dalam hasil SGOT/ SGPT. Untuk itu kami anjurkan anda untuk melanjutkan pemeriksaan kesehatan kepada dokter terdekat, bisa juga langsung kepada dokter spesialis penyakit dalam.

Anda bisa saja dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan darah ulang, dan juga pemeriksaan USG perut untuk melihat kondisi hati dan organ lain dalam perut anda. Jika kondisi anda telah dapat ditentukan, barulah terapi yang tepat dapat diberikan.

Anda juga perlu menjalankan pola hidup sehat, dengan:

  1. Makan teratur  dan bergizi
  2. Istirahat cukup
  3. Olahraga (3-4x/minggu, @30 menit)
  4. Tidak merokok
  5. Jalani hidup dengan santai dan hindari stres

Anda juga perlu menghindari makanan-makanan berikut untuk menjaga kadar lemak dalam darah Anda terkontrol:

  • Hindari makan goreng-gorengan

  • Makanan dengan kandungan tinggi lemak

  • Hindari alkohol

  • Hindari makanan yang akan memperberat penyakit yang menjadi penyebab terjadinya fatty liver pada diri anda

  • Tingkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan

Sebagai informasi tambahan Anda, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kolesterol yang kami miliki. Kami sertakan artikel yang dapat Anda baca : Perlemakan Hati - Fatty Liver

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar