Sukses

Alergi Pada Anak

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 28 tahun.
selamat sore dok, sebelumnya perkenalkan nama saya irvan k, alhamdullillah saya baru dikaruniai anak pertama kami (putri)tgl 5 oktober kemarin. dari hasil pengecekan dokter anak yang menangani anak saya, ada beberapa pantangan makanan untuk ibunya (pakai ASI ekslusif) : spt ikan asin, ikan laut, susu sapi, coklat, kacang, telor puyuh, keju, dll. Pantangan ini dikarenakan anak saya info dari dokter terkena alergi(merah2 dikulit seperti biang keringat, tp kata dokter bukan biang keringat). saya lupa menanyakan kedokternya itu alergi apa(dokter memberikan salep Ezerra dan obat oral/tetes "Fenistil dimethindene maleate). kalau boleh tahu kira-kira alergi seperti itu kenapa ya dok? apakah bisa sembuh nantinya? kira-kira impact pada pertumbuhan anak saya seperti apa ya dok? apa yang kira-kira harus kami berdua hindari(maklum dok, anak pertama)? sebelumnya terima kasih banyak ya dok. salam,
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Karena anak anda hanya mendapatkan ASI saja maka kemungkinan dokter spesialis anak yang menangani anak anda mencurigai makanan-makanan yang disebutkan diatas sebagai pemicu alergi pada anak anda sehingga dokter menyarankan istri anda agar tidak mengkonsumsi makanan tersebut karena seperti yang kita ketahui makanan yang dikonsumsi oleh ibu disalurkan ke anak melalui ASI.Bila tidak terlalu sering kumat atau reaksi alergi dapat dikontrol maka tidak akan terlalu mengganggu tumbuh kembang anak.

Penyebab alergi adalah adanya reaksi hipersensitivitas pada seseorang setelah terpapar atau terpajan dengan zat alergen(zat yang dapat memicu timbulnya alergi).zat alergen ini terdiri dari berbagai macam hal seperti debu,suhu/cuaca,bulu binatang,obat-obatan,makanan,minuman dan banyak hal lainnya.Karena reaksi alergi muncul jika orang yang alergi terpapar zat alergen/zat pemicu alergi maka hal yang paling penting adalah kenali atau ketahui apa saja kira-kira pemicu alergi pada anak anda dan hindari paparan atau kontak zat alergen tersebut dengan anak.

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar