Sukses

Sakit Kepala dan Sesak

19 Oct 2014, 14:17 WIB
Pria, 37 tahun.
Siang Dok, jika sering mengalami sakit kepala, dan dada sebelah kiri sesak kira kira jenis penyakit apa ya dok???tensi normal. mohon penjelasannya trims
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan  tension type headache,cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll.

Yang sebaiknya Anda lakukan apabila sakit kepala datang menyerang adalah istirahat, minum obat pereda rasa sakit/analgetik .Apabila dengan obat pereda rasa nyeri, sakit kepala tidak berkurang atau justru frekuensinya semakin meningkat maka kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis saraf karena dikhawatirkan ada penyebab lain dari sakit kepala tersebut.Untuk menegakan diagnosa diperlukan anamnesa,pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang sekiranya diperlukan untuk menegakan diagnosa.Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan jika anda memeriksakan diri langsung ke dokter.Tidak bisa mendiagnosa penyakit hanya dari informasi yang anda berikan saat ini.Jadi kami sarankan anda memeriksakan diri anda ke dokter jika keluhan dirasa sangat mengganggu sehingga mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi diri anda.

Keluhan sesak nafas dapat berkaitan dengan saluran pernapasan dan sistem persarafan, dapat juga berkaitan dengan sistem kardiovaskuler (jantung) atau sistem pencernaan.

Tanya jawab di forum ini tidak dapat menggantikan pemeriksaan klinis yang dilakukan secara langsung oleh dokter.Untuk menegakan diagnosa diperlukan anamnesa,pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang sekiranya diperlukan untuk menegakan diagnosa.Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan jika anda memeriksakan diri langsung ke dokter.Tidak bisa mendiagnosa penyakit hanya dari informasi yang anda berikan saat ini.Jadi kami sarankan anda memeriksakan diri anda ke dokter jika keluhan dirasa sangat mengganggu sehingga mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi diri anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar