Sukses

DM

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 18 tahun.
Dokter saya annisa 18 thn saya ingin bertanya saya mempunyai diabetes sejak usia 5 thn skrg usia sy 18 thn apakah saya bisa sembuh dari diabetes?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Diabetes diklasifikasikan sebagai Tipe 1 (Insulin Dependent Diabetes Mellitus <IDDM>) dan tipe 2 (Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus <NIDDM>). Diabetes tipe 1 adalah kasus genetik yang pada umumnya dimiliki sejak kecil dan memerlukan insulin dalam pengendalian kadar gula darah. Diabetes tipe 2 dipengaruhi oleh keturunan dengan penyebabnya adalah kurangnya jumlah insulin yang dihasilkan tubuh dan berkurangnya sensitifitas jaringan terhadap hormon insulin (resistensis insulin). Insulin sendiri adalah hormon yang membawa glukosa dari darah masuk se dalam sel-sel tubuh dan dihasilkan oleh sel-sel beta di pankreas.Selain 2 tipe diabetes diatas ada juga diabetes  gestasional dan diabetes insipidus.Apa tipe diabetes yang terjadi pada anda?

Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin dan berkurangnya sekresi hormon insulin antara lain adalah:

  • Obesitas (kegemukan)
  • Kurangnya aktifitas fisik
  • Adanya kelainan genetik
  • Riwayat keluarga dengan Diabetes melitus
  • Adanya penyakit-penyakit yang merusak pankreas, terutama sel-sel beta pankreas, seperti seperti hemocromatosis, pankreatitis, cyctic fibrosis, kanker pankreas, dll
  • Adanya infeksi virus (misal mumps, rubela, coxsackie B4, dll) dan zat-zat kimia yang menimbulkan kerusakan pada sel beta pankreas.
  • Adanya kelainan hormonal lain yang mempengaruhi sekresi insulin (misal feokromositoma) dan mempengaruhi resisntensi insulin (misal akromegali, cushing syndrome,feokromositoma, sindrom polikistik ovari, dll)
  • Akibat penggunaan obat-obatan untuk jangka panjang, misal akibat penggunaan fenitoin, glucocorticoid, estrogen
  • dll

Terapinya bertahap mulai dari pengetahuan yang cukup mengenai DM, perubahan pola makan, olahraga/gaya hidup, hingga penggunaan obat-obatan  (termasuk di dalamnya adalah obat antidiabetes oral dan / atau suntik insulin). Perlu diketahui bahwa diabetes bukanlah suatu penyakit yang dapat disembuhkan, melainkan dikontrol / dikendalikan agar terhindar dari segala keluhan ataupun komplikasi yang bisa timbul.Apakah anda menjalani pengobatan untuk DM selama ini?

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar