Sukses

Bercak Putih di Kulit

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 22 tahun.
Salam Kenal dok, saya pemuda 22 tahun. saya terindikasi terkena penyakit kulit, terdapat bercak2 putih seperti panu. tapi yg membingungkan, bercak2 itu tidak seputih seperti panu yg biasanya. bercak2 putih saya tersebut warnanya tidak terlalu putih, dan warnanya masih menyerupai warna kuliat sekitar. yang ingin saya tanyakan, apakah itu benar panu? saya sudah meminum obat zoralin dari dalam dan dari luar menggunakan zoralin cream, tp sudah 5 hari pemakaian belum ada tanda2 bercak2 itu hilang. apakah pemakaian saya salah? mengingat saya minum pil zoralin itu 1x1 hari sedangkan untuk salep saya pakai sehabis mandi pagi dan sore, adakah obat lain yg mujarab dok? trus apa yg harus saya lakukan demi kesembuhan penyakit saya ini? mohon bantuanya dok, terima kasih sebelumnya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Apakah anda sudah memeriksakan diri ke dokter?apakah obat-obatan yang anda konsumsi sekarang adalah obat yang diberikan dokter atau anda beli sendiri?

Bercak keputihan pada kulit di dalam dunia medis disebut dengan bercak hipopigmentasi. Hipopigmentasi adalah hilangnya / berkurangnya warna kulit. Hal ini disebabkan berkurangnya sel melanosit di kulit akibat dari berkurangnya asam amino tirosin yang digunakan melanosit untuk membuat melanin atau sel pigmentasi (pewarna kulit). Hipopigmentasi dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

 

  •  hipopigmentasi pasca peradangan/luka di kulit

  •  pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu

  • vitiligo 

  • albino

  •  pitiriasis alba


Untuk menghilangkan bercak tersebut harus dicari apa penyebabnya.Karena banyaknya kemungkinan penyebab terjadinya hipopigmentasi, kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung agar dapat diketahui penyebabnya. Dengan demikian, dokter dapat memberikan pengobatan sesuai penyebabnya. Penyakit kulit akan lebih mudah didiagnosis apabila dilihat secara langsung karena perlu diketahui lokasi tepatnya, ukuran dan lainnya. Penggunaan salep secara sembarangan tanpa mengetahui penyebabnya tidak akan memberikan hasil yang efektif. 

 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar