Sukses

Amandel

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 24 tahun.
semenjak hampir 2 bulan yang lalu saya mengalami sakit amandel. selama 2 bulan saya berobat ke rumah sakit di daerah jakarta pusat dan tak kunjung sembuh total ( sembuh tetapi sering kambuh ). sudah banyak saya menelan obat antibiotik, dan obat2an lain. sakit yang saya alami seperti sakit saat menelan, badan pegal2, demam menggigil, tenggorokan kering, tidak bisa tidur di ruangan ber AC ( dikarenakan udara AC yang saya hirup menyebabkan tenggorokan saya sakit/kering ). apakah merokok dapat memicu penyakit amandel ? mohon pertunjuk dokter untuk penyakit saya ini.. Terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat
Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter
 
 
Amandel sebenarnya sebutan lain dari tonsil yang merupakan jaringan limfatik yang terletak pada kedua sisi tenggorok, diatas dan di belakang lidah. Jika terdapat infeksi di dalam tubuh,khususnya pada daerah mulut, maka tonsil yang merupakan bagian dari sistem imun akan membantu memerangi dengan bekerja lebih keras sehingga dapat terjadi pembesaran maupun peradangan tonsil yang disebut dengan tonsillitis.
 
Penyebab tonsillitis tersering berasal dari virus. Sedangkan bakteri, jamur atau parasit juga dapat menjadi penyebab meskipun lebih jarang terjadi. Penyebaran infeksi melalui udara, tangan dan dari ciuman. Dapat ditemukan pada semua umur terutama pada anak.
 
Gejala umum tonsillitis adalah nyeri tenggorok dan demam. Pada tenggorok dan tonsil biasanya terlihat merah dan membengkak. Pada tonsil dapat terlihat nanah yang menutupi secara penuh ataupun  bercak-bercak.
 
Tonsilitis yang disebabkan oleh virus akan menghilang dengan sendirinya. Pengobatan akan bertujuan untuk membantu Anda merasa lebih nyaman. Anda dapat mengurangi nyeri pada tenggorok dengan berkumur-kumur dengan air garam ataupun minum teh hangat. Akan tetapi bila tonsillitis Anda disebabkan oleh bakteri, maka Anda perlu pengobatan antibiotik.
 
Bila, tonsillitis ini terjadi berulangkali, atau tidak membaik dengan pengobatan serta mengganggu aktivitas sehari-hari, maka operasi pengangkatan tonsil/tonsilektomi adalah pilihan yang tepat. Apabila pada keadaan demikian tidak dilakukan tonsilektomi, maka dapat terjadi komplikasi ke daerah sekitarnya- infeksi hidung, sinus, telinga; dan komplikasi jauh seperti infeksi pada jantung, ginjal, mata, sendi maupun kulit.
 
Untuk itu, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT membicarakan sejauh mana kepentingan pengangkatan amandel dalam kasus Anda.
 
 
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar