Sukses

Osteoprosis

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 25 tahun.
Bapak/Ibu dokter pengasuh yth, saya ingon konsultasi seputar Osteoporosis yang diderita oleh ibu saya. Ibu saya berusia 54 tahun saat ini. Beliau didiagnosis menderita osteoporosis oleh dokter setelah menjalani foto Rontgen sekitar 6 bulan yang lalu. 3 bulan pertama, beliau sering mengikuti terapi di rumah sakit. Namun, karena dirasa tidak menunjukkan perubahan terapi dihentikan. Saat ini, beliau mengalami kesulitan (rasa nyeri) yang luar biasa tiap kali bangun pagi. Pak/bu, saya sangat ingin memberikan pengobatan kepada ibu saya. Lewat postingan ini, saya mohon informasi dari Bapak/Ibu tentang pengobatan penyakit ini, bisakah penyakit ini disembuhkan ? Jika Bapak/Ibu berkenan, saya juga ingin tahu berapa besaran biaya yang harus kami siapkan untuk penyembuhan penyakit beliau? Terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter


Osteoporosis adalah suatu keadaan yang ditandai dengan massa (berat) tulang yang rendah dan kerusakan pada jaringan di dalam  tulang. Pada Osteoporosis, terjadi penurunan kualitas tulang dan kuantitas kepadatan tulang, padahal keduanya sangat menentukan kekuatan tulang sehingga penderita Osteoporosis mudah mengalami patah tulang atau fraktur.

Osteoporosis merupakan kondisi yang tidak menimbulkan gejala apapun selama beberapa decade, karena osteoporosis tidak akan menimbulkan gejala sampai timbul fraktur atau patah tulang. Maka gejalanya tidak akan jauh dari tempat terjadinya patah tulang. Contohnya fraktur pada tulang belakang akan menimbulkan gejala seperti nyeri seperti diikat yang menjalar dari punggung ke sisi samping tubuh.

Faktor Risiko

  • Perempuan berisiko lebih tinggi mengalami osteoporosis, terutama wanita yang kurus atau mempunyai postur kecil, juga yang berusia lanjut.
  • Wanita kulit putih atau Asia, terutama yang mempunyai riwayat osteoporosis dalam keluarga, mempunyai risiko lebih tinggi dibanding wanita lain.
  • Perempuan yang sudah menopause.
  • Merokok, kelainan diet seperti anoreksia atau bulimia, diet rendah kalsium, peminum alcohol berat, gaya hidup tidak aktif, menggunakan obat tertentu dalam jangka panjang seperti kortikosteroid, anti kejang.

Pengobatan osteoporosis di fokus kan kepada memperlambat atau menghentikan kehilangan mineral, meningkatkan kepadatan tulang, dan mengontrol nyeri sesuai dengan penyakitnya.

Mengenai pengobatan sebaiknya anda memeriksakan ibu anda ke dokter langsung dan menunjukan hasil foto rontgen yang sudah ada.Mungkin akan dilakukan foto rontgen ulang untuk memantau perjalanan penyakit pada ibu anda apalagi anda katakan bahwa keluhan yang dirasakan ibu anda semakin parah saat ini.Pengobatan akan disesuaikan dengan kondisi ibu anda.

Mengenai biaya,kami tidak dapat memberikan perkiraan dikarenakan biaya tindakan medis sangat berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya dan bergantung perjalanan penyakit yang telah terjadi.Kami sarankan anda bertanya  masalah biaya langsung ke rumah sakit yang anda tuju untuk menangani ibu anda.


Demikian informasi yang dapat kami beirkan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar