Sukses

Nutrisi Ibu Hamil

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat pagi dokter ada beberapa hal yang mau saya tanyakan 1. saat ini saya sedang hamil ke dua..mens terakhir tgl 9 juli 2012, namun saya pernah mengalami keguguran akibat kasus BO, dan janin saya terpaksa di kuret pada usia 10 mguan tepatnya pada tanggal (13 juni 2012).jadi dari masa habis kuret saya hanya mens 1 kali, dan kemudian bulan agustus saya sudah tidak mens lagi. dan setelah saya tespack hasilnya positif. itu berarti sekarang janin saya berumur sekitar 9 minggu juga. yang ingin saya tanyakan, kiat2 apa saja agar janin saya tumbuh dengan sehat?? 2. pada tanggal 25 agustus 2012 saya sedikit mengalami kejadian, yaitu keluar flek pertama berwarna cokelat kemudian berlanjut hitam agak merah pekat. kejadian itu berlangsung selama 2 hari, saya pikir saya datang mens, karena pada tanggan 9 agustus 2012 saya periksa ke Dr.kandungan, dan dokter belum memastikan saya hamil, karena belum terlihat kantongnya, hanya saja sudah terjadi penebalan dinding rahim, namun dokter mengindikasikan, bahwa bisa terjadi 2 kemungkinan penebelan dinding rahim karena mau mens atau karena akan hamil. tapi ternyata setelah itu saya tidak mens2...sampailah pada tgl 25 agustus saya keluar flek itu. dan saya kira saya datang mens. tapi setelah 2 hari sudah berhenti, dan akhirnya saya tespack lagi...hasilnya positif (terdapat dua garis merah dan sangat jelas) dan sampai sekarang saya tidak mens, dan tidak ada mengalami gangguan seperti keluar flek.gejala yg saya rasakan pusing dan mual...terkadang sampai tidak bisa makan, dan saya juga mengalami sesak nafas, saya ada riwayat asma, bagaimana pencegahannya??? yang ingin saya tanyakan apakah gejala yang saya alami ini termasuk gejala yang normal bagi wanita hamil??? terimakasih atas perhatiannya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudara yang terhomat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.


Pada dasarnya nutrisi yang dibutuhkan oleh Ibu hamil merupakan nutrisi yang sehat dan seimbang, sama seperti yang dianjurkan untuk semua orang. Namun, ada sedikit tambahan dalam hal kalori serta  nutrien yang diperlukan. Pada awal kehamilan sebaiknya Ibu hamil menambahan 150 kalori per hari dari jumlah makanan yang dimakannya sebelum hamil. Pada akhir kehamilan sebaikya ditambahkan 100 kalori lagi. Pada awal kehamilan Ibu hamil sebaiknya meminum susu 1x per hari pada trimester pertama, kemudian ditambah buah-bahan atau sepotong roti setiap harinya untuk 6 bulan berikutnya. Target kenaikan berat badan tergantung dari Indeks Massa Tubuh sebelum hamil.

Sedangkan tambahan-tambahan lain yang diperlukan adalah vitamin serta mikronutrien lain seperti besi dan dan asam folat bisa didapatkan dari makanan atau suplemen.

Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Pertumbuhan tulang atau skeletal mencapat puncaknya pada 3 bulan terakhir kehamilan sehingga konsumsi makanan yang mengandung kalsium pun perlu ditingkatkan seperti susu dan produk susu lain.

Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, jadi kebutuhannya selama kehamilan meningkat karena volume darah ibu yang meningkat dan sel darah merah janin mulai berkembang. Besi terkandung di dalam daging, ikan, telur, produk whole-grain, dan sayur-sayuran. Zat besi yang berasal dari tanaman tidak diasimilasi semudah zat besi dari produk hewan. Namun juga ibu mengkonsumsi vitamin C dari makanan yang sama, zat besi tersebut akan lebih mudah diserap.

Asam Folat dibutuhkan dalam perkembangan sistem saraf pusat janin dan mencegah defek perkembangan neural tube atau disebut juga spina bifida. Asam folat didapatkan di sayur-sayuan, buah-buahan, dan pada telur. Namun nutrisi sehari-hari biasanya tidak memenuhi kebutuhan asam folat ibu hamil sehingga suplemen vitamin ini dibutuhkan sebelum kehamilan dan pada trimester pertama kehamilan.

Ibu dapat membaca lebih lanjut mengenai kehamilan pada rubrik Kebidanan dan Kandungan kami.

Bila memang benar anda hamil maka berikut penjelasan kami.Adanya flek-flek perdarahan pada kehamilan muda, terutama pada kehamilan trimester pertama (sampai usia 12 minggu) harus dipastikan apakah kehamilannya di dalam rahim atau di luar rahim (kehamilan ektopik). Jika kehamilan di dalam rahim, harus ditentukan apakah kehamilan berkembang sesuai usia hamil atau tidak dan apakah kehamilan berkembang normal atau tidak.Apalagi pada kehamilan sebelumnya anda mengalami keguguran.Maka kami sarankan anda senantiasa memeriksakan kehamilan di dokter spesialis kebidanan dan kandungan sehingga bila terdapat kelainan dapat dideteksi sedini mungkin.


Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat
Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar