Sukses

HIV/AIDS

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 33 tahun.
Dok, 2 bulan lalu saya baru mengetahui bahwa saya terinfeksi penyakit menular HIV. Awalnya saya tdk mengetahuinya, hanya saja saya mengalami pembengkakkan kelenjar di bagian leher kanan, lipatan kedua paha, dan sekarang terasa ada benjolan di bagian ketiak. Yg di ketiak terasa nyeri sesekali. Dgn gejala seperti ini menguatkan saya lagi utk cek darah krn pasangan saya yg awalnya lebih dahulu mengetahui bahwa dia terkena penyakit ini. Saya tidak tau harus cari dokter spesialis apa. Dan setahu saya, penyakit ini tidak ada obatnya. Namun kondisi saya sekarang ini boleh dikatakan sehat-sehat saja. Hanya kekhawatiran yang terus saya rasakan, karena pasangan saya telah meninggal dunia. Dan saya hanya merasa sedikit mudah lelah saat melakukan Aktivitas seharian. Saya bingung harus berobat kemana. Namun yg saya lihat ada beberapa pengobatan yg tertera di Internet yg katanya mampu mengobatinya. Salah satunya xamthone plus, apakah benar penyakit ini bisa diobati saat ini? Dan apakah yang menjadi tolak ukur bahwa seseorang itu sudah memasuki tahap yg parah? Untuk pembengkakan kelenjar yg saya alami, apakah ada cara untuk mengembalikannya seperti semula, mgkn dgn cara operasi atau bagaimana? Apakah ada kemgknan virus ini bs dihilangkan dari tubuh saya?Terima kasih atas konsultasinya dok.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistim kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor.

HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membaran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik.yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.Pada beberapa tahun pertama, virus HIV ini mungkin tidak akan menimbulkan gejala apapun pada tubuh.

Berbagai gejala AIDS umumnya tidak akan terjadi pada orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Kebanyakan kondisi tersebut akibat infeksi oleh bakteri, virus, jamur, dan parasit yang biasanya dikendalikan oleh unsur-unsur sistem kekebalan tubuh yang dirusak HIV.

Infeksi oportunistik (infeksi yang disebabkan oleh organisme yang biasanya tidak menyebabkan penyakit pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang normal, tetapi dapat menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk) umum didapati pada penderita AIDS/HIV mempengaruhi hampir semua organ tubuh.

Biasanya penderita AIDS memiliki gejala infeksi sistemik seperti  :

  • demam
  • berkeringat (terutama pada malam hari)
  • pembengkakan kelenjar
  • kedinginan
  • merasa lemah
  • jamur di rongga mulut
  • penurunan berat badan.

Infeksi oportunistik tertentu yang diderita pasien AIDS diantaranya dapat menyerang :

  • Paru-paru : pneumonia preumocystis, TBC
  • Penyakit saluran pencernaan : esofagitis (radang pada kerongkongan) akibat jamur / virus
  • Penyakit saraf : toksoplasmosis (radang otak akut akibat parasit toksoplasma gondii), meningitis (radang selaput otak) akibat jamur cryptococcus neoformans
  • Kanker : sarkoma kaposi, limfoma

 

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi virus HIV. Umumnya pasien berobat karena infeksi oportunistiknya. Melalui pemeriksaan darah ternyata baru diketahui bahwa pasien menderita HIV/AIDS. Hingga saat ini belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan HIV/AIDS,seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa pengobatan biasanya diberikan justru kepada infeksi/penyakit lain yang menyertai HIV/AIDS.Sedangkan untuk HIV/AIDS sendiri pengobatan yang ada hingga saat ini hanya berusaha untuk menekan replikasi virus tetapi bukan untuk menghilangkan atau menyembuhkan HIV/AIDS.

Mengenai produk kesehatan yang anda tanyakan kami tidak mengetahui produk yang anda maksudkan,mungkin karena produk tersebut merupakan produk herbal atau sejenisnya.Didalam daftar obat yang beredar di indonesia sendiri dan jurnal-jurnal penelitian kedokteran luar negeri tidak ditemukan produk yang anda maksudkan.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter



 

    0 Komentar

    Belum ada komentar