Sukses

GERD

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 29 tahun.
Salam, Akhir akhir ini saya merasakan gejala sbb: - perut sakit dan mules sulut digambarkan di belah mana, - badan pada jam - jam tertentu suka merasa dingin, dan lemas tak bertenaga - kepala puyeng seperti hilang keseimbangan - kadang mual dan nafas pendek oleh Dokter s diduga sakit maag lambung / GERD, kemudian di endoscopy hasilnya asam lambung memang tinggi, dan yang saya kurang mengerti, katanya ada katup disaluran cerna yang tidak bisa menutup sempurna, padahal seharusnya hanya membuka ketika ada makanan masuk saja, tapi saya lebih banyak membukanya sekalipun tidak ada makanan, dan meunutup pun tetap ada lubang. Terus terang dari dokter internist saya kurang dapat penjelasan, ini artinya apa dan bagaimana pengobatannya. Mohon penjelasannya Terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. GERD merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang salah satunya disebabkan lemahnya otot sphincter esophagus(mungkin ini yang dilihat dokter anda sebagai katup yang tidak menutup sempurna) dan menyebabkan gejala yang mengganggu hingga terjadi komplikasi.

Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar /panas di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut.

Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi,alkohol,rokok dll.bagaimana dengan anda?

Selain itu Anda juga perlu untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, seperti :

 

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 8 jam/hari
  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit.

 

Dengan melakukan kombinasi terapi dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup, diharapkan masalah Anda dapat lebih teratasi.Untuk pengobatan silahkan anda memintanya ke dokter yang menangani anda.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter





    0 Komentar

    Belum ada komentar