Sukses

Benjolan Payudara

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dok saya wanita usia 26th, belum menikah. Semnjak usia 14 tahun saat pertama haid saya mersa ad benjolan di sblah kanan payudara. Bila ditekan tidak sakit, padat dan bs bergerak. Kira2 ap Dok? Bahaya tidak? Sampai saat ini saya belum memeriksakan. Slain takut, saya rasa butuh biaya tidak sedikit. Jika operasi kira2 biaya sekitar brp? Terimakasih, dan saya tunggu jawabanny.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran dan kegelisahan hati Anda. Untuk mengetahui apa benjolan tersebut, Anda harus memeriksakan diri ke dokter segera, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak. Selain itu, mungkin diperlukan juga untuk biopsi benjolan untuk memastikan benjolan tersebut ganas atau tidak. Biopsi adalah mengambil sebagian atau seluruh benjolan lalu diperiksa di bawah mikroskop untuk membedakan tumor ganas atau jinak.Untuk mendiagnosis benjolan diperlukan pemeriksaan fisik yang mendetil untuk mengetahui penyebab dasarnya.

 

Benjolan  pada payudara bisa berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik benjolan tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
  • Permukaannya: licin atau berbenjol
  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
  • Bagaimana keadaan kulit  di atasnya
  • Apakah ada nyeri
  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Untuk memastikan juga perlu dilakukan mammografi. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam subspesialis hematologi-onkologi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar