Sukses

Berat Badan

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 50 tahun.
1.saya ingin menanyakan pola makan yang aman untuk diet dalam target penurunan beratbadan seusia saya yang ideal, bagaimana mencegah nafsu makan berlebihan, adakah resep dokter yang bisa diberikan. 2. untuk anak saya laki2 usia 10 tahun dengan aktifitas yang padat bola, renang, sepeda, sekolah, main, menurut saya badannya kurus sekali, berat 23 kg, tinggi 123, apakah ada saran dari pola makan untuk program berat badan seimbang terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Pada prinsipnya yang dapat menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi pemasukan kalori (makanan dan minuman) dan meningkatkan pengeluaran kalori (olahraga / meningkatkan aktivitas) dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakannya. 

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan pada seusia anda adalah yang bersifat aerobik seperti jalan kaki, renang, bersepeda. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. Apabila Anda susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi untuk mengetahui diet yang tepat.

 

Bagaimana nafsu makan anak anda selama ini?

Prinsip untuk menambah berat badan adalah asupan kalori yang dikonsumsi lebih besar daripada kalori yang dikeluarkan tubuh.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.Bisa juga ditambah dengan olahraga yang bersifat pembentukan seperti push up,sit up,dan angkat beban.

  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma

  • Memperbanyak minum air putih

 

 

Tapi dengan catatan tidak mempunyai penyakit-penyakit lain seperti ada masalah gangguan tiroid , gangguan metabolisme glukosa dan penyakit kronis lain.Untuk itu tidak ada salahnya anda memeriksakan terlebih dahulu mengenai kondisi kesehatan anak anda terlebih dahulu ke dokter.

 

Demikian informasi yang dapat kami beirkan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar