Sukses

Kista Endometriosis

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 22 tahun.
dok 1 bulan yg lalu saya operasi kista endometriosis n test patensi tuba, kata dokternya semua sdah normal n lancar.yang sy tanyakan 1. apa kista bisa tumbuh lagi?? 2. bagaimana caranya agr kista itu tdk tumbuh 3. apa saya bisa hamil setelah kista di angkat?? 4. apa perlu saya minum vitamin E dan susu untuk perencaan hamil?? terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Kista endometriosis memang dapat muncul kembali pada orang yang telah menjalalani operasi dengan laparoskopi. Gejalanya pun sama seperti kista tersebut muncul untuk pertama kali, seperti nyeri saat berhubungan intim, nyeri saat menstruasi, siklus menstruasi yang tidak teratur (lebih panjang dan lebih banyak), serta nyeri panggul atau perut bagian bawah.

Pemberian terapi hormonal dapat digunakan untuk mencegah kekambuhan endometriosis, dengan demikian akan meningkatkan kemungkinan anda untuk mendapatkan keturunan. Anda dapat mengkonsultasikan mengenai penggunaan obat ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. Terapi endometriosis untuk tiap orang berbeda-beda,Terapinya tergantung pada keparahan penyakit dan kebutuhan pasien. Ibu bersama dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang menangani anda dapat mendiskusikan pilihan terapi yang paling baik, jika memang kista tersebut muncul kembali. Jika diagnosis dapat dilakukan secara cepat, saat kista masih berukuran kecil, mungkin tidak perlu dilakukan laparaskopi, hanya perlu dilakukan terapi hormonal. Sedangkan jika menunggu tanpa dilakukan terapi apapun, bisa saja kista tersebut semakin membesar dan pada akhirnya harus dilakukan operasi juga untuk mengangkat indung telur.

Kesuksesan terapi operasi pada penderita kista endometriosis dalam mengembalikan kesuburan tergantung pada keparahan penyakitnya. Pada penderita endometriosis ringan, terdapat kemungkinan hamil sebesar 75% dalam 1 tahun pertama setelah dilakukan operasi. Sementara kemungkinan untuk hamil akan menurun menjadi  60% pada penderita endometriosis yang sedang dan menjadi 35% pada penderita endometriosis yang berat.

dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  •  Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas)

 

Berikut adalah beberapa artikel Kami yang dapat Anda akses terkait persiapan kehamilan pada pasangan suami-istri:

Merencanakan Kehamilan

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar