Sukses

Makanan Anak

20 Oct 2014, 00:38 WIB
Pria, 29 tahun.
Dok, anak saya baru berumur 7 bulan. sejak umur 6 bulan sudah kami beri makanan tambahan berupa bubur dari beras merah campur kacang ijo. Tapi, kami kewalahan karena dia mau makan apa saja yang kami makan, akhirnya kami beri pisang, air jeruk, pepaya, apel dan sebagainya. Bagaimana itu dok, apa tidak ada masalah? Anak kami juga selalu mengambil apa yang ditemuinya untuk dimasukkan ke mulutnya, kalau tidak diberi dia nangis. Bagaimana menghadapinya dok? Terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Selain ASI,  pada anak usia 6 bulan ke atas Anda sudah mulai dapat memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) dari mulai yang cair, halus hingga yang lebih padat. Misalnya seperti susu formula, buah-buahan yang dihaluskan, bubur susu ataupun nasi tim yang disaring.Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengakses dengan mengklik judul-judul berikut:

Jadwal Makan Bayi

Jenis-Jenis Makanan Bayi

Panduan Makan Bayi

 

Mungkin saja anak anda memasukan barang ke mulut disebabkan gigi anak akan tumbuh.

Pada umumnya, gigi susu akan mulai tumbuh pada usia 5-7 bulan. Munculnya gigi pertama ini akan menjadi proses yang lama dan terasa tidak menyenangkan bagi bayi Anda. Gejala-gejala yang dapat terlihat pada bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi pertamanya antara lain : 
 
  • Bayi banyak mengeluarkan air liur yang menetes
  • Bayi merasa kesakitan sehingga menjadi lebih rewel. Rasa sakit ini dapat timbul 1-2 bulan sebelum gigi tumbuh.
  • Bayi akan mengunyah benda apa pun di sekitarnya. Hal ini dilakukan oleh mereka untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakannya.
  • Kadang gusi akan terlihat bengkak

Anda harus lebih bersabar dalam menghadapi bayi Anda yang sedang mengalami proses pertumbuhan gigi. Bantulah mengurangi rasa sakitnya dengan menenangkan bayi Anda dan memberikan sesuatu yang lembut, seperti mainan plastik yang bersih dan cukup besar yang dapat digigit sehingga tidak tertelan  oleh bayi Anda.

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar