Sukses

Lilitan Tali Pusat

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dokter Yth. Saya sedang hamil anak pertama usia 36 minggu, dengan taksiran BB janin 2,5kg. melalui pemerikasaan USG janin saya terdapat lilitan 1 tali pusat di lehernya, saya di sarankan tidur sambil mengganjal kaki dengan bantal, tapi setelah bbrp hari dilakukan pengecekan USG lilitan tersebut masih ada,apakah ada solusi lain dok? untuk persalinan normal apakah bisa dilakukan dok,posisi janin tidak sungsang tapi hanya terdapat lilitan.saat saya tidur posisi miring kiri atau kanan janinnya bergerak seolah tidak nyaman,saya khawatir dok apakah itu normal?saya sering baca majalah memasuki trimester 3 gerak janin umumnya relatif sedikit,tetapi saya kok malah merasakan gerakan yang tambah kuat sampai terkadang bisa terasa sakit seperti di tendang gitu apakah itu normal dok?sebelumnya saya mengikuti senam hamil 2x tapi sejak ditemukan lilitan dan perut saya sempat keras kalo ditekan dokter menganjurkan untuk stop senam dulu,apakah memang gerakan senam itu mempengaruhi janin dok? ,.saya minta pendapat dokter,terima nkasih (perempuan 27thn,tinggi 160cm,berat 60kg
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kondisi lilitan tali pusat merupakan kondisi yang sulit, berbeda dengan posisi bayi yang belum memutar (kepala di atas). Pada kondisi bayi belum memutar (kepala masih di atas) pada minggu-minggu terakhir menjelang kelahiran, masih dapat diusahakan untuk melakukan versi atau dengan Ibu banyak melakukan posisi menungging. Namun pada kondisi lilitan, keadaan menjadi sulit karena hal ini tidak dapat dimanipulasi dan bergantung pada panjangnya tali pusat. Tindakan-tindakan yang kurang hati-hati malah dapat memperparah lilitan tali pusat yang terjadi.

Kami sarankan untuk tetap melakukan kontrol terutama menjelang kelahiran. Dengan pemeriksaan USG dapat diketahui apakah kondisi lilitan tali pusat telah berubah atau masih terjadi. Dokter kebidanan dan kandungan Andalah yang paling mengerti kondisi Anda dan kandungan Anda pada saat ini. Untuk itu, diskusikan kembali mengenai keinginan  Anda dan pilihan-pilihan yang dapat Anda ambil beserta dengan keuntungan dan kerugiannya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar