Sukses

Usia Kehamilan

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 25 tahun.
Misi Dok...mau nanya... saya sekarang hamil memasuki usia kurang lebih 7 bulan.. di htung sejak hari terkahir Mens..yakni tanggal 22 Maret 2012... dan saya rutin periksa ke bidan sebulan sekali... pada bulan april saya periksa USG dan hasil USG menyatkan usia kehamilan saya sekitar 2 bulan (Dokter 1)... tapi pada saat memasuki usia Kehamilan 7 bulan, pda bulan Septemmber 2012 saya melakukan USG kembali.. (Dokter 2) Menyatakan Kehamilan Saya baru memasuki usia 5 bulan jalan 6.. di lihat dari janin yang saya kandung masih kecil katanya... dan yang saya mau tanya kan Yang mana yang benar Dok.. Saya sama Suami jadi bingung... apakah Usia Kehamilan Saya sudah masuk 7 bulan atau 5 Bulan..??
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Usia kehamilan dapat dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT) anda. Perhitungan dengan cara inipun hanya dapat dipercaya (valid) apabila Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur dan normal selama 6 siklus terakhir yaitu sekitar 28 hari.  Bagaimana dengan siklus menstruasi Ibu? Disamping  berdasarkan hari pertama haid terakhir, usia kehamilan juga dapat ditentukan dengan melakukan  pemeriksaan USG Kehamilan.
Pada kasus ini dengan siklus menstruasi kurang teratur maka perkiraan usia kehamilan akan lebih akurat melalui pemeriksaan USG dengan mengacu pada pertumbuhan janin. Cara dengan menggunakan pemeriksaan USG, tingkat akurasinya dapat mencapai 95%. Cara ini memperkirakan tanggal kelahiran berdasarkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Perkiraan kelahiran ini akan lebih akurat pada pemeriksaan USG di trimester kedua dan ketiga karena ukuran janin sudah lebih besar sehingga lebih mudah untuk melakukan pengukuran dan gambar janin terlihat lebih jelas di layar monitor.

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar