Sukses

Perdarahan Setelah Melahirkan

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 31 tahun.
Yth. DOkter Konsultan, Mohon diberikan petunjuk atas gangguan kesehatan pada istri saya paskah melahirkan, istri saya melahirkan putra pertama pada tanggal 19 Juli 2012 secara caesar, namun hingga saat ini ( 03 September 2012 ) menstruasi istri saya belum berhenti paskah melahirkan sehingga sudah berkisar sekitar 45 Hari, bahkan sangat deras untuk beberapa hari terakhir ini sehingga membuat kekhawatiran buat kami sekeluarga padahal pada sekitar seminggu yang lalu menstruasi nya sudah tinggal sedikit. sebagai informasi awal menstruasi terakhir istri saya sebelum melahirkan adalah 22 oktober 2011 dan istri divonis hamil oleh dokter pada tanggal 28 November 2011. Demikian saya sampaikan, mohon kiranya saya bisa mendapatkan informasi penyebab tersebut dan apa yang harus saya lakukan. Salam, HENDRIK
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Bapak/saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah Anda yakin bahwa cairan yang keluar adalah darah? Apakah cairan tersebut keluar terus-terusan sejak melahirkan anak? Masa nifas adalah masa setelah seorang ibu melahirkan hingga alat-alat kandungannya kembali seperti sebelum hamil. Masa nifas ini berlangsung kira-kira 6-12 minggu. Darah yang keluar di masa nifas merupakan pembersihan terhadap sisa-sisa kehamilan. Pada umumnya keluar sampai jangka waktu 40 hari.

Adapun darah nifas yang keluar sebenarnya dibedakan menjadi 4 tahap yang secara berurutan, yaitu:

  • lokia rubra ( berwarna merah berisi darah segar, jaringan sisa plasenta, dsb) sekitar 1 minggu.
  • lokia sanguelenta (berwarna merah dan berlendir) sekitar 1-2 minggu
  • lokia serosa (berwarna kekuningan) selama 2 minggu, dan

  • lokia alba (berwarna putih biasa dan bening) sekitar 6 minggu. Lokia alba merupakan darah nifas yang terakhir keluar, menandakan tahap pemulihan dan hampir berakhirnya masa nifas.

Pada beberapa perempuan , lokia dapat keluar hingga 60 hari setelah melahirkan.

Namun, jika yang terjadi adalah perdarahan terus menerus,kami menyarankan Anda untuk berobat ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk diperiksa lebih lanjut.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar