Sukses

Kadar Hb

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 17 tahun.
Bapa/ibu dokter yang terhormat, terima kasih sebelumnya atas waktu yang telah diluangkan. Saya ingin bertanya mengenai gizi, khususnya yang berkaitan dengan kadar hemoglobin dalam darah. Saya ingin menjadi seorang pendonor darah rutin, tetapi akhir2 ini saya sering gagal mendonorkan darah saya karena Hb sy yg kurang memenuhi syarat yaitu minimal 12,5 gr%. Saya pertama kali donor darah ketika Desember 2011, dan saya tidak pernah mengalami masalah dengan Hb saya. Baru semenjak donor yg ketiga, saya heran mengapa sekarang saya susah sekali untuk donor darah saja, dan butuh lebih dari 5 kali trial untuk akhirnya bisa lolos tes. Maaf ya Pa/Bu Dokter, masalahnya memang tidak serius, tetapi karena keinginan saya untuk menjadi pendonor rutin, saya sering kecewa sekali ketika berkali2 ditolak karena Hb saya. Itu karena berarti saya harus mencari kesempatan lain untuk donor darah, sementara kegiatan sy pun sangat padat. Padahal, saya sudah sangat memerhatikan pola makan, istirahat dan tidak pernah minum obat2an, tetapi akhir2 ini rasanya susah sekali. Yg ingin saya tanyakan adalah: 1. Bagaimana cara menaikkan kadar Hb secara alami, dan kira2 butuh waktu brp lama? 2. Mengapa wanita cenderung lebih memiliki masalah dengan Hb rendah daripada pria? 3. Apakah menstruasi akan sangat memengaruhi kadar Hb seseorang? Jika iya, brp jarak yg ideal bagi seseorang sebelum bisa mendonorkan darahnya setelah menstruasi? 4. Apa saja faktor2 yg memengaruhi kadar Hb seseorang? Terima kasih banyak, jawaban Pa/Bu Dokter sangat saya harapkan :)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Berapa kadar Hb anda?dan sudah berapa lama hal tersebut berlangsung?kadar Hb dibawah nilai normal tentu harus dicari penyebabnya.

Jumlah Hemoglobin (Hb) menandakan konsentrasi protein hemoglobin yang membawa oksigen di dalam darah. Hb sendiri adalah komponen utama dari sel darah merah.

Hemoglobin yang rendah dalam dunia medis disebut dengan anemia seringkali dihubungkan dengan beberapa penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh memiliki terlalu sedikit sel darah merah, misal: thalassemia. Anemia dapat terjadi jika tubuh menghasilkan sel darah merah yang lebih sedikit dibandingkan biasanya, misal: kekurangan asupan Fe (besi, bahan pembentuk hemoglobin); jika tubuh menghancurkan sel darah merah lebih cepat daripada sel darah dapat diproduksi (misal: Malaria) atau jika Anda mengalami kehilangan darah seperti misalnya pada kecelakaan, menstruasi, penyakit demam berdarah, ataupun muntah darah. menstruasi bisa mempengaruhi Hb akan tetapi biasanya tidak terlalu signifikan.Bagaimana dengan menstruasi anda selama ini?

Saat ini, yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsultasikan segera keluhan Anda tersebut kepada dokter spesialis penyakit dalam dan kemungkinan Anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan darah yang lebih seksama yang disebut apusan darah tepi. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk melihat adanya kelainan pada sel-sel darah.Dari situ dapat ditentukan apa langkah selanjutnya untuk menangani kurangnya kadar Hb pada diri anda.

 

demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar