Sukses

Gigi Anak dan Mengedot

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 30 tahun.
bagaimana merawat kesehatan gigi anak, mulai bayi minum susu pakai dot hingga sekarang usia 5 tahun, kalo tidur gak bisa kalo gak nge-dot..kemarin ke dokter gigi, gigi depan gigis, dan banyak lubang
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

 

apakah anak ibu minum susu melalui dot?Anak yang terbiasa minum susu botol terutama yang terbiasa mengedot susu sebagai pengantar tidur memang hampir dapat dipastikan gigi depannya akan rusak karena karies. Susu yang disedot anak akan menggenangi permukaan gigi, sedangkan saat kita sedang tidur produksi air liur menurun sehingga sisa susu tersebut tidak terbilas. Kondisi ini lazim disebut Baby Bottle Caries.

Ibu dapat membantu membersihkan gigi anaknya yang masih balita dengan menggunakan kasa atau kapas bersih yang disapukan ke permukaan gigi. 
 
Kadang anak yang masih berusia di bawah 5 tahun sangat sulit untuk disuruh menyikat gigi. Nah, di sinilah letak peran ibu. Sekedar perintah mungkin tidak mempan untuk membuat anak mau menyikat gigi. Tapi kalau ibu mengajak si anak bersama-sama  menyikat gigi, saat mandi misalnya, maka anak dapat memperhatikan dan mencontoh kebiasaan ibu.
 
Jadikan saat penyikatan gigi menjadi sesuatu yang menyenangkan.
 
Misalnya dengan menggunakan sikat gigi dengan bentuk yang lucu, atau pasta gigi khusus anak dengan gambar-gambar dan bentuk yang lucu. Selain itu, mendidik anak dengan modelling biasanya membuahkan keberhasilan. Jadi orang tua bukan hanya mengajak tapi juga bersama-sama menyikat gigi. Atau ibu terlebih dulu memberi contoh di depan anak. Bisa juga dengan mengajak kakak atau sepupunya yang lebih besar dan sudah terbiasa menyikat gigi untuk bersama-sama menyikat gigi.
 
Bila Ibu memang memiliki waktu luang, mungkin Ibu dapat melakukan story telling saat sebelum tidur misalnya dengan menggunakan boneka puppet atau buku, atau search gambar atau video di internet yang bertemakan kesehatan gigi anak dan ajak anak melihat bersama-sama dan ceritakan dengan kata-kata Ibu sendiri agar anak mengerti. Meskipun sulit, mudah-mudahan tips di atas dapat membuahkan hasil.

 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar